Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pajak Ekspor Tetes Tebu Sengsarakan Petani

Kompas.com - 01/08/2009, 03:44 WIB

Jakarta, Kompas - Penetapan pajak ekspor untuk tetes tebu akan mengurangi pendapatan petani tebu Rp 500.000 per hektar. Oleh karena itu, kalangan petani tebu meminta pemerintah menolak usul dari Dirjen Industri Agro dan Kimia Departemen Perindustrian itu.

Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Arum Sabil, Jumat (31/7) di Sumedang, Jawa Barat, menyatakan, tahun ini petani baru merasakan kenaikan harga tetes tebu. Tahun 2008, harga tetes tebu di bawah Rp 1.000 per kilogram.

”Petani tidak diberi kesempatan menikmati, tetapi ketika harga gula di luar negeri rendah dan gula dalam negeri kalah bersaing, pemerintah tidak segera menerapkan bea masuk impor gula,” kata Arum.

Petani tebu mendapat bagi hasil dari hasil samping pengolahan gula, yaitu tetes tebu 2,5 kilogram setiap 100 kilogram tebu yang digiling di pabrik gula.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional APTRI Abdul Wachid menyatakan, untuk menolong industri etanol, pemerintah bisa memberi berbagai intensif. ”Bukan dengan mengenakan pajak ekspor tetes tebu,” ujarnya.

Dirjen Industri Agro dan Kimia Deperind mengusulkan ke Dirjen Perdagangan Luar Negeri Departemen Perdagangan agar mengenakan pajak ekspor tetes tebu, yaitu pajak progresif 5-35 persen, atau berdasarkan persentase. Usul ini untuk menjamin ketersediaan bahan baku industri MSG dan etanol. (MAS) 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com