Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Janji Penuhi 100 Persen Perdamaian Aceh

Kompas.com - 13/06/2009, 10:06 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Calon Presiden Jusuf Kalla berjanji akan menjamin penuh perdamaian di Aceh sesuai MoU Helsinki jika terpilih sebagai presiden.

"Insya  Allah jika saya terpilih jadi presiden, saya jamin 100 persen perdamaian Aceh karena saya yang berinisiatif dan terlibat sejak awal," kata capres Jusuf Kalla saat pertemuan dengan pimpinan Partai Aceh di kantor partai tersebut di Banda  Aceh, NAD, Sabtu.

Menurut Jusuf Kalla,  bangsa Indonesia akan bisa membangun dan maju jika ada kedamaian. Karena itu, tambahnya perdamaian di Aceh merupakan syarat mutlak untuk membangun.

"Karena itu saya akan jalankan sebaik-baiknya ," kata Kalla. Menurut Kalla,  kedamaian itu harus berangkat dari hati. Dengan demikian tambahnya hal itu juga harus dilaksanakan sepenuh hati.

Kalla menceritakan ketika perundingan Helsinki , maka salah satu yang paling sulit diputuskan adalah soal pendirian Partai Aceh.

"Saat itu banyak yang tidak setuju soal Partai Aceh. Saya bilang kenapa ?. Ini rakyat Indonesia, bangsa Indonesia. Apanya yang salah," kata Jusuf Kalla yang disambut tepuk tangan.

Kalla juga menceritakan banyaknya kritik dan ketidaksetujuan terhadap majunya Irwandi Yusuf sebagai Gubernur NAD dalam pilkada.
    
Menurutnya, tidak ada yang salah dengan majunya Irwandi, karena jika menang baik namun jika kalah pun juga baik. Menurut Kalla,  hal itu justru membuktikan sudah bersatunya Aceh  dan hal itu merupakan tonggak awal perdamaian.
   
"Saya tanda tangani sendiri Partai Aceh, lambangnya dan warnanya. Ketika orang lain tidak berani saya sudah tanda tangani. Jadi satu-satunya partai di Indonesia yang saya tanda tangani Partai Aceh. Karena saya yang tanda tangani , maka tak ada  yang berani lagi mengganti," kata Kalla.

Usai pertemuan itu, Jusuf Kalla menyerahkan foto dirinya dengan Hasan Tiro yang diterima langsung Ketua Umum Partai Aceh Tengku Zakir Manaf. Selain itu Kalla juga menyerahkan beberapa buka tentang perdamaian Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com