Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P dan PPP Sepakat Berkoalisi di DPR

Kompas.com - 30/04/2009, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dari pertemuan Ketua Umum PPP Suryadharama Ali dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Kamis (30/4), diperoleh kesepakatan untuk bersama di DPR mendatang. Hal ini, kata Suryadharama Ali, merupakan bentuk dari koalisi besar.

"Sebagai salah satu bentuk menuju koalisi besar, PPP dan PDI-P sepakat untuk bersama-sama di DPR," kata Suryadharma seusai pertemuan di kediaman Mega, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Koalisi ini, tutur Suryadharma, bukan hanya digagas PDI-P dan PPP, melainkan arahnya, seperti yang selama ini diwacanakan, akan merangkul 5-6 partai. Partai-partai itu adalah Golkar, Gerindra, Hanura, dan PAN.

"Kita berharap ada lima sampai enam partai yang akan menjadi satu kesatuan di koalisi ini," tuturnya.

Koalisi besar dinilai keduanya sebagai langkah yang tepat dalam menghadapi Indonesia ke depan. Saat ditanya apakah dengan kesepakatan ini, koalisi PPP sudah dipastikan dengan PDI-P, Suryadharma menjawab, "Arahnya ke koalisi besar, nanti kami akan lihat perkembangan selanjutnya. Namun, kemungkinan besarnya koalisi ini akan terwujud," kata dia.

Mega juga memastikan bahwa kesepakatan bersama di legislatif akan berlanjut ke pembicaraan lainnya. Sebagai sesama partai yang sudah lama berkiprah, Mega mengatakan sudah terbiasa dan memiliki chemistry dengan PPP.

"Masih ada yang belum disepakati, tetapi akan kami bahas lebih lanjut nanti. Ini bagian dari yang kami bicarakan dengan Pak Suryadharma sehingga sudah ada suatu kesepakatan koalisi partai besar sehingga dengan demikian, tahapan pertama bersama di legislatif," ujar Mega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com