Kalteng Minta Jalan Layang Tumbang Nusa Diperpanjang

Kompas.com - 05/02/2009, 17:26 WIB

PALANGKARAYA, KAMIS - Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menuturkan, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan mengirim surat resmi ke Menteri Pekerjaan Umum untuk merencanakan perpanjangan jalan layang Tumbang Nusa di Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau.

"Kami mengusulkan kepada Departemen PU agar jalan layang Tumbang Nusa dapat diperpanjang dua kilometer dari yang sudah ada sekarang sepanjang sekitar tujuh kilometer," kata Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang via telepon kepada Kompas, Kamis (5/2).

Perpanjangan jalan layang sepanjang dua kilometer ini diharapkan dapat menjadi solusi agar tidak ada lagi ruas trans-Kalimantan poros selatan di Tumbang Nusa yang tergenang banjir seperti terlihat seminggu terakhir.

Sebagai gambaran, ruas yang tergenang banjir tersebut berada selepas ujung jalan layang Tumbang Nusa (dilihat dari arah Palangkaraya). Saat ini di ruas yang tergenang tersebut sedang ada proyek peninggian jalan setinggi 1,4 meter dari permukaan aspal.

Menurut Teras, peninggian jalan di ruas trans-Kalimantan poros selatan wilayah Tumbang Nusa yang berada di tengah rawa gambut tersebut dikhawatirkan hanya akan membuang-buang duit. Pembangunan jalan layang di ruas yang sekarang kebanjiran dinilai lebih realistis dibanding meninggikan jalan.

Sebab meskipun ditinggikan, kata Teras, ruas tersebut diprediksi hanya akan aman dari banjir dalam beberapa tahun saja. "Sebab, kami melihat gerusan air luapan Sungai Kahayan dan Sungai Sebangau yang mengapit daerah rawa Tumbang Nusa itu sangat deras mengikis ruas jalan trans-Kalimantan," kata Teras.


Editor

Terkini Lainnya


Close Ads X