Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amien Ragukan Obama Bawa Perubahan Berarti Bagi AS

Kompas.com - 06/11/2008, 21:41 WIB

JAKARTA, KAMIS - Mantan Ketua MPR M Amien Rais meragukan, terpilihnya BarackHussein Obama sebagai presiden Amerika Serikat, bisa memberikan perubahan yang berarti terhadap kebijakan ekonomi politiknya.

"Begitu masuk ke Gedung Putih, Obama sudah disodori dan dilingkupi kalangan militer dan bisnis yang ada, sehingga membuat ia tidak bisa berbuat banyak," ujar Amin dalam diskusi tentang kepemimpinan di the Ary Suta Center di Jakarta, Kamis (6/11).

Menurut Amien, ekonomi Amerika merupakan contoh dari kegagalan ekonomi liberal, yang sayangnya banyak diikuti ekonom negeri ini. Bahkan, ekonomi model Amerika itu dianggap tetap terbaik, meski di banyak negara sudah menolak kehadiran mereka.

"Padahal arah dunia sudah berubah. Indonesia masih mau berada dibawah IMF, di bawah Amerika yang sudah terbukti lebih banyak merugikan bangsa ini, terutama karena kekayaan alam milik rakyat negeri ini diambil, dan dibiarkan saja oleh pemimpin negeri," ujarnya.

Amien juga mengingatkan para pemimpin negeri ini untuk berpegang pada UUD 1945 dalam membuat kebijakan. Konstitusi secara tegas sudah memerintahkan agar bumi, air dan segala kekayaan alam yang ada didalamnya, dikuasai negara, dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com