Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Gubernur Jatim Putaran Kedua Digelar Hari Ini

Kompas.com - 04/11/2008, 06:32 WIB

SURABAYA, SELASA - Logistik untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur putaran kedua baru didistribusikan dari Panitia Pemilihan Kecamatan ke Panitia Pemungutan Suara pada Senin (3/11). Akibatnya, karena kekurangan logistik berupa formulir tertentu, ada Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota yang menggandakan sendiri.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Didik Hendro, Senin di Mojokerto, mengatakan, pihaknya menyikapi kekurangan beberapa formulir dengan menggandakan sendiri. Kekurangan itu terjadi pada formulir C6, C, D, dan DA.

"Kami sudah melaporkan kekurangan kira-kira seminggu lalu, tetapi pada H-3 belum dikirim. Karena waktunya semakin sempit, kami sikapi saja dengan memfotokopi formulir. Lagi pula jumlahnya tidak banyak," kata Didik.

Menurut Didik, semestinya Senin siang logistik sudah menyebar ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan malamnya di tempat pemungutan suara (TPS).

Secara terpisah, anggota KPU Surabaya, Fordinal Sihombing, mengatakan, logistik untuk putaran kedua baru lengkap diterima KPU Surabaya pada Sabtu (1/11). Beberapa logistik yang kurang, seperti formulir dan surat suara, sudah ditambahkan. "Terakhir, logistik yang masih kurang dikirimkan tadi malam (2/11) dan hari ini (3/11) sudah di desa/kelurahan dan TPS," katanya.

Sementara itu, untuk tiga kloter jemaah haji yang akan berangkat melalui embarkasi Surabaya, KPU Surabaya juga memfasilitasi dengan empat TPS khusus. Jemaah itu terdiri atas 904 anggota jemaah asal Bojonegoro, 224 anggota jemaah dari Probolinggo, 145 anggota jemaah dari Batu, dan 67 anggota jemaah dari Surabaya.

Menurut anggota KPU Jatim, Arief Budiman, semestinya sudah tidak ada kekurangan logistik. Sebab, laporan kekurangan hanya sampai Sabtu (1/11). "Sejak kemarin (2/11) dan hari ini (3/11) sudah tidak ada laporan kekurangan," ujarnya.

Pemilihan gubernur putaran kedua ini diikuti 29.280.470 pemilih yang terdiri atas 14.369.596 pemilih laki-laki dan 14.910.874 pemilih perempuan. Untuk lebih dari 29 juta pemilih itu disediakan 62.859 TPS, termasuk 216 TPS khusus.

Pelanggaran

Pelanggaran kampanye pada masa tenang tanggal 1-3 November terus terjadi. Iklan pasangan calon kepala daerah Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) masih disiarkan di salah satu stasiun televisi lokal di Jatim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com