Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Charles Tegakkan Hubungan Islam-Katolik

Kompas.com - 01/11/2008, 17:43 WIB

JAKARTA, SABTU - Penerus Tahta Kerajaan Inggris, Pangeran Charles Philip Arthur George (60), ingin menegakkan hubungan antaragama, khususnya antara Islam dan Katolik, serta melakukan dialog harmonisasi kedua agama tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin, yang bersama Tarmizi Taher, Azyumardi Azra, melakukan pertemuan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (1/11).

Menurut Din, ada satu pandangan menarik dari pangeran yang bergelar Prince of Wales itu. "Pangeran Charles menegaskan bahwa nilai-nilai kebijaksanaan tradisional (traditional wisdom) agama-agama di dunia dapat membantu mengatasi musuh bersama dunia, seperti kemiskinan dan keterbelakangan," ujar Din.

Kepada penerus kerajaan Inggris itu, para tokoh Islam moderat tersebut menegaskan bahwa corak Islam Indonesia sangat majemuk. Din juga mengatakan bahwa organisasi-organisasi Islam besar terus mengawal watak sejati Islam tersebut.

Kunjungi Vatikan

Din juga mengatakan, dirinya bersama 20 tokoh Islam dunia lainnya, akan menemui Paus Benediktus XVIdi Vatikan,  4-5 November untuk membicarakan kerja sama antaragama, antarkeyakinan, dan antarperadaban. Hal ini, tambahnya, telah menjadi gaya baru di dunia moderen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com