Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cambridge The Luxurious Mall & Condominium, Medan

Kompas.com - 16/10/2008, 11:32 WIB

PEMBANGUNAN proyek apartemen di Jakarta sudah semakin banyak bertebaran di seluruh penjuru kota, membuat Jakarta tampak sudah seperti belantara apartemen. Tapi proyek apartemen di daerah seperti Medan, kota terbesar ketiga di Indonesia, baru awal tahun 2005 mulai bermunculan proyek-proyek apartemen.

Salah satu proyek apartemen terbaru adalah proyek Cambridge Condominium, sebuah proyek apartemen sebagai bagian dari proyek Cambridge The Luxurious Mall & Condominium, merupakan apartemen mewah dan modern di lokasi yang sangat stategis, tepat berada di jantung kota Medan.

Dengan konsep memadukan mall dan condominium dalam satu lokasi, Cambridge Condominium dikembangkan PT Global Medan Town Square menawarkan kenyamanan dan gaya hidup mewah layaknya tinggal di hotel bintang lima.

Memadukan konsep hunian dan bisnis itu diharapkan dapat menghasilkan sebuah sinergi saling menguntungkan antara penghuni condominium di lantai tujuh hingga lantai 23, dengan para pengusaha di mall yang berada di ground floor, lantai satu dan lantai dua. Hal ini lebih memudahkan bagi penghuni condominium untuk melakukan aktifitas belanja atau sekedar jalan-jalan. Lokasi yang berada dalam satu area gedung salah satu nilai plus yang menjadi pertimbangan penghuni.

Pada lantai tiga, empat dan lima podium area digunakan untuk parkir bagi penghuni condominium, sedangkan lantai enam seluas 7000 m2 untuk fasilitas condominium bertaraf internasional yang sangat lengkap, mulai dari fasilitas olahraga, kolam renang dewasa dan anak, perpustakaan, bahkan disediakan juga auditorium audiovisual berkapasitas 150 orang. Sedangkan untuk area parkir mall tersedia pada basement, lantai dua, tiga dan empat.

Cambridge The Luxurious Mall & Condominium dirancang memiliki empat lantai basement  dengan kedalaman 15 meter dari permukaan tanah dan podium enam lantai, serta empat towers masing-masing 18 lantai. Tiga towers untuk condominium, yaitu Mozart Tower, Newton Tower, dan Picasso Tower serta satu tower lagi untuk hotel, yaitu Swiss-Bel Hotel.

Cambridge Condominium didesain mewah dan eksklusif. Setiap unitnya dapat memberikan kenyamanan dalam ruangan yang luas dengan level ketinggian lebih dari standar condominium yaitu 3,2 meter. Setiap tower condominium perlantainya terdiri dari empat unit dan satu lobby lift, sedangkan pada tower hotel terdiri 18 guest room dan lobby lift. Pada puncak tower condominium dibuat penthouse, sedangkan pada tower hotel didesain restoran eksklusif yang bisa memandang bebas city view.

Konsep rancangan bangunan keseluruhan, yaitu setiap unit condominium dilengkapi dengan furnitur (fully furnished) didesain untuk city view dan pool view, sedangkan mall-nya serba eksklusif berkonsep bisnis terbaik di jantung kota Medan. Sedangkan hotelnya, Swiss-Bel Hotel, berkelas bintang lima dan dikelola oleh operator Grand Swiss-Bel International Hotel.

Adapun konsep interior Cambridge Condominium, menurut Sonny Sutanto Architects, sang desainer interior, dibuat dengan konsep desain modern dan glamourous, serta menggabungkan berbagai disiplin dalam setiap rancangannya, sekaligus menunjukkan "craftmanship" yang tinggi.

Desain grafis, menjadi bagian tidak terpisahkan, terdapat motif sulur-suluran, seolah jahitan bordir halus di atas plat kayu, menyala, dipakai untuk memberi kesan tingginya tingkat kesulitan (craftmanship). Teknik ini pertama kali dipakai di Puro (lihat majalah Indonesia Design tema Playing The Light), dan sekarang banyak orang sudah menggunakannya.

Kehadiran Cambridge The Luxurious Mall & Condominium yang didesain secara matang dengan bentuk dan karakter kuat menjadikan bangunan tersebut hadir sebagai karya arsitektur elegan diharapkan mampu menjadi ikon baru bagi masyarakat Kota Medan, mengingat proyek bangunan prestius setinggi 108 meter itu akan menjadi gedung tertinggi di Sumatra Utara, bahkan diklaim sebagai gedung tertinggi pertama di luar Jawa. (Ahmad Sekhu/Indonesia Design) •

Architect: Zhen He Architects & Planners
Owner: PT Global Medan Town Square

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com