Santosa Doellah, Istana untuk Rakyat

Kompas.com - 14/09/2008, 01:19 WIB
Editor

Ardus M Sawega

Angan-angan seorang anak seperti mimpi, hanya sedikit yang benar-benar terwujud. Dari yang sedikit itu adalah Santosa Doellah (67), pengusaha dan pemilik Batik Danar Hadi. Ia berhasil mewujudkan impiannya, memiliki Ndalem Wuryaningratan, bekas istana bangsawan yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Setelah memugarnya dengan penuh dedikasi, ia ”kembalikan” istana itu kepada publik.

Pernah berangan-angan memilikinya?

Waktu saya kecil dulu sering bermain di ndalem itu karena pengasuh saya kerabat yang tinggal di situ. Saya sering diajak ke sana, maka saya bisa blusukan ke segala sudut.

Apa yang mengesankan?

Kemegahannya yang memantulkan keagungan dan angker karena memancarkan wibawa seorang bangsawan tinggi. Waktu itu saya berangan-angan betapa kalau saya sampai bisa tinggal di istana ini.

Setiap kali musim mangga, saya diberi langsung oleh Kanjeng Wuryaningrat (KPH Wuryaningrat). Mangganya jenis gedong dan talijiwo. Banyak pohon mangga di ndalem itu dan semua mangga di sana rasanya enak sekali.

Bagaimana bisa jatuh ke tangan Anda?

Saya juga tidak menyangka sama sekali. Terus terang pada tahun 1973 saya pernah menawar, tetapi ditolak. Alasannya sudah ada calon pembeli dari Yogya.

Jadi, saya merasa kaget ketika melihat di sana tiba-tiba dipasang papan ”dijual”. Seorang teman bilang, ndalem itu memang dijual. Saya diminta menghubungi seorang kerabatnya. Kalau saya serius, diminta mengirim uangnya ke Jerman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.