Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Dalam Negeri Tak Kalah dengan Luar Negeri

Kompas.com - 05/09/2008, 11:24 WIB

MEDAN, JUMAT — Ketua Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Sumut Sjahrial R Anas mengatakan, pelayanan rumah sakit di dalam negeri tidak kalah bagus dengan pelayanan rumah sakit yang ada di luar negeri.

"Rumah sakit di Sumut juga banyak yang mempunyai pelayanan yang baik dalam hal kesehatan, bahkan RS Pirngadi juga tidak kalah baiknya dengan yang ada di luar negeri," ungkap Sjahrial di Medan, Jumat (5/9).
 
Hanya saja, sayangnya masyarakat telanjur percaya bahwa kualitas rumah sakit luar negeri itu lebih baik dari yang ada di dalam negeri. Untuk itu, kata dia, dibutuhkan suatu media yang dapat menginformasikan kepada masyarakat luas khususnya Sumut mengenai pelayanan kesehatan disetiap rumah sakit di daerah tersebut.

Dengan demikian, masyarakat tidak lagi harus pergi keluar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena di dalam negeri pelayanan yang memuaskan juga bisa didapatkan dan berbiaya murah.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam perkembangannya setiap rumah sakit harus menyediakan segala fasilitas yang dapat mendukung pelayanan tersebut, mulai dari penyediaan alat-alat medis hingga layanan perawatan.

Bahkan, perlu adanya peralihan sistem pelayanan kesehatan dari manual ke integrated digital sehingga masyarakat dapat mengakses kesehatan secara online. Selain itu, setiap rumah sakit di Medan juga harus sesuai dengan ketentuan Bapedalda. Artinya, rumah sakit harus menjadi rumah sakit hijau yang sehat dan memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang baik hingga menjadi rumah sakit yang ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com