Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Aborsi Sebenarnya Hanya Rp 600 Ribu

Kompas.com - 29/08/2008, 04:17 WIB

JAKARTA, KAMIS - Menurut praktisi kesehatan dr Kartono, biaya aborsi di beberapa klinik yang sekarang masih diilegalkan sekitar Rp 5 juta. Sedangkan biaya layanan aborsi yang aman dengan fasilitas pendukung yang memadai hanya membutuhkan Rp 600 ribu. Hal itu dikatakannya seusai menjadi pembicara dalam seminar Aborsi: Menagih Tanggung Jawab Negara yang diadakan Kalyana Mitra di Graha Sucofindo, Jakarta Selatan, Kamis (28/8).

"Praktik aborsi di klinik-klinik ilegal yang belum terjamin keamanannya itu ada karena memang tidak tersedianya layanan aborsi dengan alasan medis sekalipun yang dilegalkan, padahal ini kan hak reproduksi perempuan," jelasnya. Selama ini, dikatakan Kartono, masyarakat masih memandang aborsi identik dengan free sex yang dilakukan remaja atau perempuan dewasa yang belum menikah.

"Padahal menurut penelitian Yayasan Kesehatan Perempuan di 9 kota Indonesia (2002), aborsi dilakukan oleh perempuan yang sudah menikah sebesar 87 persen dengan alasan psikososial 57,5 persen dan 36 persen karena gagal KB," jelasnya.

Dalam revisi UU Kesehatan No 12/1992, menurut Kartono, seharusnya memasukkan klausul standar layanan aborsi yang aman dengan tenaga medis terlatih, fasilitas memadai dan harga yang terjangkau bagi semua perempuan dari kalangan mana pun.

"Kontroversi aborsi seharusnya tidak perlu terjadi, karena persoalannya bukan pada boleh tidaknya aborsi tetapi bagaimana negara wajib memberi layanan kesehatan reproduksi terhadap perempuan secara layak, ini yang harus diperjuangkan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com