Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barca Abaikan Perintah FIFA

Kompas.com - 24/07/2008, 01:06 WIB

BARCELONA, RABU - Barcelona tak mau menghiraukan perintah Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) agar setiap klub melepaskan pemainnya yang berumur di bawah 23 tahun untuk tampil di Olimpiade Beijing. El Barca tetap akan melarang Lionel Messi membela Argentina di pesta olahraga multicabang tersebut.

Rabu (23/7) pagi, Presiden FIFA Sepp Blatter mengirim surat kepada seluruh federasi sepakbola. Dia mengingatkan, setiap klub harus melepaskan pemainnya yang diminta negaranya tampil di Olimpiade.

Barcelona langsung bereaksi. Klub tersebut juga segera mengeluarkan pernyataan untuk tak mematuhi keharusan tersebut. Sebab, Messi yang baru 21 tahun, merupakan pemain Inti Barcelona yang akan menghadapi babak kualifikasi Liga Champions putaran ketiga.

Sepakbola Olimpiade akan dimulai pada 6 Agustus dan berakhir 23 Agustus. Jika Messi dilepaskan, Barcelona sudah pasti tak bisa membawanya dalam perjuangan di babak kualifikasi Liga Champions putaran ketiga yang akan dilakukan pada 12 atau 13 Agustus.

Barcelona lewat juru bicaranya mengatakan, sikapnya tersebut mendapat dukungan dari Liga Sepakbola Profesional. Lembaga itu mengatakan, tak ada keharusan bagi klub untuk melepaskan pemainnya tampil di Olimpiade.

Presiden Asosiasi Klub Eropa yang juga ketua klub Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge juga menyiratkan sikap seperti itu.

Messi sekarang masih bersama Barcelona melakukan latihan pramusim di Skotlandia yang baru berakhir 26 Juli. Kamis (24/7), Barcelona akan menghadapi klub Skotlandia, Hibernian, dalam partai persahabatan.

Tak hanya Barcelona. Beberapa klub Jerman juga menghadapi masalah serupa. Schalke sudah melarang Rafinha main di Olimpiade, tapi pemain Brasil itu menentang keinginan klub. Hal sama dilakukan pemain Werder Bremen, Diego. Sementara, Messi masih terus ditahan Barcelona, meski dia juga menyatakan keinginannya membela Argentina untuk mempertahankan medali emas yang diraih di Yunani, 4 tahun lalu.

Blatter mengatakan, sebuah kewajiban bagi klun untuk melepaskan pemain yang umurnya di bawah 23 tahun. "Meski cabang sepakbola di Olimpiade tak masuk dalam kalender internasional FIFA, bukan berarti tak ada keharusan bagi klub untuk melepaskan pemain berumur 23 tahun ke bawah untuk tampil di kejuaraan itu," tegas Blatter. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com