Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batista: Tanpa Messi, Argentina Kesulitan di Olimpiade

Kompas.com - 22/07/2008, 22:16 WIB

BUENOS AIRES - Kepastian apakah Lionel Messi bisa membela Argentina di Olimpiade Beijing bulan Agustus nanti belum terjawab. Pasalnya, sampai saat ini masih terjadi perdebatan antara asosiasi sepakbola Argentina (AFA) dengan Barcelona yang tak rela pemain andalannya tersebut absen di awal musim.

Messi memang telah mengatakan bahwa dia tetap akan pergi ke China untuk bermain di Olimpiade. Namun, El Barca juga tetap kukuh pada pendirian mereka yang tak mau melepas pemain berusia 21 tahun itu pergi.

Alasannya, jika Messi membela negaranya maka dia pasti absen di awal kompetisi musim 2008/09 nanti, termasuk di kualifikasi Liga Champions--karena musim lalu finis di peringkat tiga, Barca harus memang ikut Liga Champions tetapi harus melalui babak kualifikasi. Selain itu, Olimpiade bukanlah turnamen yang masuk di dalam kalender FIFA.

Ini yang membuat AFA pusing tujuh keliling dan mereka akan berusaha membuka kembali pembicaraan dengan Barca agar klub tersebut merelakan Messi tampil di Olimpiade. Pelatih Argentina U-23, Sergio Batista, yang sudah memasukkan nama Messi ke dalam skuadnya, mengakui bahwa timnya akan mengalami kesulitan jika tak diperkuat striker mungil itu.

"Kami berharap segera memecahkan masalah ini sehingga Messi bisa bergabung dengan kami. Tetapi, hal itu pasti sangat sulit karena Barcelona juga tak menginginkan dia pergi ke Olimpiade," jelas Batista, Selasa (22/7).

FIFA, AFA dan Barcelona masih terus mencari solusi untuk memecahkan masalah ini. Sementara itu, Messi sudah pergi ke Skotlandia karena Barca yang kini dibesut oleh Pep Guardiola sedang melakukan pemusatan latihan pra-musim di sana. (GL/LOU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com