Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awet Muda Berkat Aliran Darah Lancar

Kompas.com - 25/05/2008, 15:36 WIB

APA kuncinya? Berolahragalah, tertawalah, bergembiralah! Semua itu membuat aliran darah lancar!

Kenapa sih aliran darah mesti lancar? Sebab darah yang tak lancar bisa menimbulkan berbagai gangguan pada fungsi organ. Katakanlah memicu serangan jantung bila terjadi di jantung, atau stroke kalau di otak. Kulit pun akan tampak kusam dan cepat keriput. Ini dapat dimaklumi karena salah satu fungsi darah adalah membawa nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh. Bila sirkulasi darah tersumbat, dapat mengganggu semua proses ini.

Nah, agar peredaran lancar berikut beberapa tip yang bisa dilakukan:

Olahraga teratur

Rajin berolahraga terbukti bisa membuat peredaran darah lancar. Kulit akan tampak bercahaya karena pasokan oksigen memenuhi semua sel kulit. Sebagai "bonus", ia pun tertangkal dari sejumlah penyakit kardiovaskuler.

Pola makan sehat

Perbanyak sayur dan buah. Hindari makanan berkolesterol tinggi (low density lipoprotein cholesterol/LDL) karena merupakan kolesterol buruk yang bisa menimbulkan plak pada pembuluh darah. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi harus diturunkan melalui diet rendah kolesterol (dengan mengurangi kuning telur, jeroan, udang dan goreng-gorengan), diet rendah garam, menurunkan berat badan bagi yang berlebihan, minum obat dan kontrol ke dokter sesuai anjuran.

Sebaliknya kolesterol baik (high density lipoprotein cholesterol/HDL) justru mesti ditingkatkan dengan cara berolahraga, berhenti merokok, makan ikan laut dan sebagainya.

Stop merokok

Upayakan untuk berhenti merokok selama-lamanya. Nikotin akan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Gas CO yang dikandung dalam rokok juga akan mengikat butir darah merah (hemoglobin) lebih kuat dibanding oksigen sehingga oksigenisasi jantung relatif berkurang. Ini belum termasuk dampak pada kulit yang lebih cepat keriput karena pasokan oksigen menuju sel-sel terhambat. Lapisan kulit luar juga akan mudah kusam dan kering akibat terpapar asap rokok yang mengandung CO2.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com