Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amien Rais: Utang Moral? May Be Yes, May Be No

Kompas.com - 13/05/2008, 17:34 WIB

JAKARTA, SELASA - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR),  Amien Rais, merasa capek ketika ditagih tentang tugasnya membimbing agenda reformasi. Menurut dia, sebagai intelektual kewajiban politiknya sudah terpenuhi dan dia tidak memiliki utang moral terhadap bangsa ini.

"Utang moral? Maybe yes, maybe no. Politik saya sudah habis. Sejauh ini tugas intelektual saya sudah relatif terpenuhi. Kalau Anda mengatakan saya punya utang moral? Saya balik tantang Anda. Yang mana? Kalau saya terus, saya juga capek sebagai manusia," ujarnya seusai peluncuran buku perdananya, di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno, Selasa (13/5).

Menurut dia, agenda reformasi 1998 merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah. Namun, lanjut Amien, bukannya tidak berhasil. Reformasi saat ini masih kurang, seperti di reformasi ekonomi, hukum, dan pendidikan. "Reformasi ekonomi pada saat ini dicengkeram asing. Reformasi hukum itu masih tebang pilih, yang beruang masih menang. Reformasi pendidikan anak bakul (tukang jualan) idak bisa mencapai jenjang pendidikan anaknya setinggi-tingginya," jelasnya.

Namun, pemerintah sudah berhasil mencapai target reformasi politik. Buktinya, saat ini tidak ada lagi orang yang ditahan karena mengritik pemerintah. Konstitusi juga telah diamandemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com