Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyupir? Jangan Remehkan Manula!

Kompas.com - 02/05/2008, 04:19 WIB

AGAK bertentangan dengan kebijakan Pemerintah Jepang yang mendorong agar manula "menggantung kunci" supaya keselamatan lalu lintas jalan raya menjadi aman, sebuah penelitian justru memberikan jawaban yang terbalik.

Ya, berdasarkan penelitian yang dilakukan British Study, pengemudi lansia justru menjadi golongan manusia yang berlaku "aman" di jalan raya. Bahkan, data menunjukkan bahwa pengemudi yang berusia di atas 70 tahun justru menjadi sopir yang "safe", dibandingkan dengan pengemudi di bawah 30 tahun.

Masih berdasarkan penelitian yang sama, yang --disokong oleh UK's Institute of Advanced Motorists-- pengemudi dengan usia lebih dari 70 tahun berkendaraan dengan aman, sama halnya dengan kelompok usia paruh baya. Disebutkan pula, pengemudi manula menjadi golongan yang paling sedikit cedera atau mencederai orang saat mengemudi.

Nah, ketika temuan ini terdengar berbeda dengan pandangan logis kita, studi ini justru menegaskan pengalaman panjang dari seorang pengemudi berumur telah menjadikan mereka bijaksana di belakang kemudi. "Pengemudi yang sudah berumur mempunyai kemampuan dalam memandang pengalaman dan pengetahuan mereka, untuk kemudian membatasi diri sendiri sebanding dengan kemampuannya mengemudi," ungkap Neil Greig, Direktur IAM Motoring Trust.

Namun di luar hasil temuan ini, toh Pemerintah Inggris saat ini mempertimbangkan adanya kewajiban bagi pengemudi di atas usia 75 tahun untuk menjalani uji pengelihatan dan kemampuan mengemudi. (LEFTLANE/GLO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com