Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Majalah Sunda yang Paling Lama Bertahan?

Kompas.com - 16/04/2008, 15:15 WIB

"Mangle" berarti untaian bunga melati untuk hiasan kepala dan biasanya digunakan pada upacara pernikahan, seperti penghias rambut mempelai wanita dan penghias keris mempelai pria. "Mangle" juga dipakai sebagai nama majalah mingguan berbahasa Sunda yang terbit pertama kali tahun 1957 di Bogor.

Majalah "Mangle" didirikan oleh beberapa tokoh yang peduli dengan kebudayaan Sunda. Mereka ialah Oeton Moechtar, Rochamina Sudarmika, Saleh Danasasmita, Wahyu Wibisana, Sukanda Kartasasmita, Ali Basyah, dan Abdullah Romli.

Majalah "Mangle" edisi pertama terbit sebulan sekali, bernama "Sekar Mangle", dengan tampilan sederhana. Warna sampul muka yang digunakan hitam putih dan terlihat buram. Pada Desember 1962, "Mangle" pindah ke Bandung dan berkantor di Jalan Buahbatu 43. Selanjutnya, Mangle terbit dua kali sebulan setelah tiga tahun berada di Bandung.

Tahun 1971, kantor "Mangle" pindah ke Jalan Lodaya 19-21, Bandung. Sejak itu "Mangle" terbit sebagai majalah mingguan dan bertahan hingga sekarang. Setiap Kamis "Mangle" dicetak dan dikirimkan kepada seluruh pembaca yang mayoritas merupakan warga Jawa Barat.

Majalah ini mencapai masa kejayaannya pada tahun 1970-an. Pada masa itu cerita pendek (carpon) merupakan daya tarik "Mangle" sehingga majalah hiburan ini begitu melekat di hati masyarakat Jabar. Tirasnya saat itu pernah mencapai 90.000 eksemplar.

Kini redaksi "Mangle" dipimpin Oedjang Daradjatoen. Ia didampingi dua wakil, yakni Karno Kartadibrata dan Duduh Durahman. Tirasnya tidak lebih dari 5.000 eksemplar. (VID/Litbang Kompas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com