Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Ketahanan Pangan, SBY Wejang Semua Gubernur

Kompas.com - 07/04/2008, 14:38 WIB

JAKARTA, SENIN - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara maraton akan memberikan pengarahan kepada Gubernur, Kepala Badan Usaha Milik Negara, dan Lembaga Pemerintah Non Departemen di gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (7/4).

"Kita akan membahas langkah-langkah bersama yang berkaitan dengan ketahanan pangan, dan stabilisasi harga pangan. Lalu tentang langkah ke depan soal ketersediaan energi yang menjadi permintaan gubernur selama ini. Kita juga harus memahami dampak perekonomian dunia terhadap APBN," ujar Kepala Negara saat membuka pertemuan.

Menurut Presiden Yudhoyono, masalah ini menjadi pembahasan serius agar terjadi sinergi pemahaman antara pemerintah pusat dan daerah dalam menuntaskan pemerintahan SBY-JK yang kini tersisa 1,5 tahun.

Presiden Yudhoyono menyebut, akibat permasalahan tersebut, ada lima masalah besar yang menjadi ancaman serius di pemerintahan saat ini. Kelima hal itu antara lain,kenaikan harga pangan, kenaikan harga minyak, persoalan APBN, tantangan ekspor dan investasi dan mulai munculnya protes-protes sosial.

"Masalah ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Seluruh negara di dunia juga menghadapi hal serupa," paparnya.

Dalam pertemuan yang digelar sejak pukul 13.00 WIB, Presiden Yudhoyono menunjuk lima menterinya untuk membeberkan kondisi Indonesia dalam menghadapi ancaman serius menjelang Pemilu dan Pilpres 2009.

Kelima menteri ini antara lain, Menteri Pertanian Anton Apriantono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro serta Menko Kesra Aburizal Bakrie.(Persda Network/ade)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com