Menyusuri Riam Sungai Katingan

Kompas.com - 24/03/2008, 11:54 WIB
Editor

Berwisata naik perahu kelotok menyusuri sungai di pedalaman Kalimantan sangat menantang. Sungai yang dilalui tidak hanya mengalir lembut, tetapi memiliki riam yang menciutkan nyali. Cerita tentang perahu kelotok yang gagal melewati riam dan karam bukan isapan jempol. Untungnya, Kompas bersama delapan penumpang perahu berhasil melewati riam-riam Sungai Katingan yang mendebarkan.

Kalimantan Tengah memiliki banyak sungai yang penuh riam. Salah satu sungai yang menantang untuk ditelusuri adalah Sungai Katingan di Kabupaten Katingan. Sungai Katingan memiliki riam dengan jarak paling dekat dari Kota Palangkaraya, sekitar empat jam perjalanan dengan mobil.

Perjalanan dari Palangkaraya ke Kasongan, ibu kota Kabupaten Katingan sejauh 80 kilometer dapat ditempuh melalui jalan mulus. Dari Kasongan perjalanan dilanjutkan sampai ke Simpang Samba yang jaraknya 30 kilometer dari Kasongan.

Di persimpangan itu terdapat sejumlah rumah makan untuk mengisi perut. Ada rumah makan yang menyediakan masakan Jawa, ada juga yang menyediakan menu Banjar seperti nasi kuning dan lontong sayur.

Mulai dari Simpang Samba sampai ke Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah, kondisi jalan sepanjang 65 kilometer buruk. Sebagian besar berupa jalan tanah yang sulit dilalui saat musim hujan.

Bagi wisatawan yang berniat bertualang, kondisi off road justru memberi keasyikan tersendiri. Beruntung saat Kompas bersama rombongan lewat, awal Januari lalu, jalan cukup kering sehingga mobil 4 x 4 yang kami naiki bisa lewat dengan mudah. Perjalanan sejauh 65 kilometer menuju Tumbang Samba (tumbang artinya muara atau pertemuan dua sungai) ditempuh dalam dua jam.

Perjalanan ke Tumbang Samba akan melewati beberapa desa, dengan pemandangan didominasi hamparan lahan gambut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tumbang Samba adalah nama desa di Kecamatan Katingan Tengah di tepi Sungai Katingan. Lalu lintas sungai cukup ramai karena merupakan perlintasan ke beberapa kecamatan di pedalaman Kalimantan Tengah.

Perjalanan mendebarkan

Kami beristirahat sejenak di rumah warga Tumbang Samba. Lalu rombongan mulai menaiki perahu kelotok yang sudah menunggu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.