Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genangan Air Rusak Jalan

Kompas.com - 07/02/2008, 13:09 WIB

JAKARTA, KAMIS - Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah Jakarta beberapa hari terakhir membuat sejumlah ruas jalan rusak yang akhirnya membahayakan pengguna jalan.

Lubang-lubang baru yang umumnya terbentuk di jalur lambat ini terdapat di jalan-jalan protokol seperti Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman dan Jalan Rasuna Said. Lubang-lubang ini dikhawatirkan mengganggu pengguna jalan khususnya pengendara motor.

Menurut Aiptu I Gede Wirata, polisi lalu lintas yang berjaga di Jalan Sudirman, lubang-lubang itu sudah meminta korban. Biasanya pengendara motor terperosok lubang-lubang yang berdekatan dengan trotoar. "Kebanyakan pengendara tidak dapat melihat lubang-lunang tersebut, karena tertutup genangan air," kata Wirata kepada Kompas.com, Kamis (7/2) siang.

Masyarakat pengguna jalan pun menuding pemerintah tidak cepat tanggap untuk memperbaiki kerusakan ini. Budi Iwan, tukang ojek di kawasan Ratu Plaza mengaku keluhannya selama ini tidak menghasilkan apa-apa. "Dulu waktu banyak kecelakaan, kami sering menyampaikan laporan ke polisi tetapi tidak ada tindakan perbaikan," katanya.

Pendapat senada disampaikan Sujarwanto, staf teknik Gedung Setia Budiwan di Kuningan. Menurutnya pengelola gedung harus mengambil inisiatif memperbaiki lubang-lubang di jalan untuk mengurangi bahaya. Meski hanya menggunakan batu dan kayu seadanya, yang penting lubang itu tertutup. "Perlintasan jalur lambat ke jalur cepat sering memakan korban, kebanyakan pengendara motor tidak bisa melihat lubang besar di depannya," ujar Sujarwanto.(C3-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com