Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sodjuangon Situmorang Calon Kuat Pjs Gubernur Sulsel

Kompas.com - 18/01/2008, 10:47 WIB

JAKARTA, JUMAT-Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Departemen Dalam Negeri (Depdagri) Sodjuangon Situmorang disebut-sebut sebagai calon kuat Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, yang akan diangkat pada saat berakhirnya masa jabatan Gubernur Sulsel Amin Syam pada Minggu (20/1) mendatang. 

Nama lain yang sempat muncul disebut-sebut akan menduduki kursi Pjs Gubernur Sulsel tersebut adalah mantan Panglima Kodam Brawidjaya Letjen TNI Syamsul Mappareppa. Namun, karena Syamsul belum diangkat menjadi pejabat eselon I Departemen Dalam Negeri, untuk menggantikan Direktur Jenderal (Dirjen) Kesatuan Bangsa dan Politik Depdagri Sudharsono, maka Syamsul Mappareppa disebut-sebut batal diangkat.

Demikian informasi yang diterima Kompas dari sumber di lingkungan Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (18/1). "Kemarin, saat mendampingi Menteri Dalam Negeri Mardiyanto bertemu Wapres M Jusuf Kalla, Sodjoangun sudah diberi selamat oleh Wakil Ketua MPR Aksa Mahmud," ujar sumber tersebut.

Disebut-sebut pula, rancangan Keputusan Presiden untuk mengangkat Sodjoangun sudah disiapkan. Namun, saat ditanya soal pengangkatan Pjs Gubernur Sulsel, Mendagri Mardiyanto yang ditanya pers kemarin di Kantor Presiden, Kompleks Istana, menolak menjawab.

Pengangkatan Pjs Gubernur Sulsel merupakan jalan keluar yang ditempuh pemerintah untuk mengatasi kekosongan pemimpin menyusul terjadi sengketa hukum pasca pemilihan langsung kepala daerah (Pilkada) Sulsel yang sebelumnya dimenangkan oleh pasangan Syahrul Yasin Limpo. Namun, belakangan putusan Mahkamah Agung (MA) menetapkan harus ditempuhnya pilkada ulang di empat kabupaten di Sulsel. (HAR) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com