Salin Artikel

Kapolri: Idul Fitri Jadi Momentum Pererat Persatuan di Tengah Perbedaan

Listyo Sigit pun mengajak momentum Lebaran dipandang sebagai kekuatan kebersamaan dalam membangun bangsa.

"Idul Fitri selalu mengisahkan sejuta cerita, setelah sebulan lamanya, berbagi kebaikan, menahan segala nafsu. Saatnya menyusuri kepadatan menuju kampung halaman, menikmati harumnya santapan Lebaran dan hangatnya kebersamaan," ujar Kapolri dalam keterangan tertulis, Rabu (10/4/2024).

Listyo Sigit juga mengatakan, Idul Fitri memiliki makna kembali ke fitrah umat manusia menuju kesucian.

Selain itu, Kapolri mengingatkan bahwa di tengah perbedaan juga tercipta indahnya toleransi yang semakin mempererat kesatuan.

"Saya atas nama Keluarga Besar Polri dan Bhayangkari mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Jadikan semangat Lebaran sebagai kekuatan kebersamaan dalam membangun bangsa," katanya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto, Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Komjen Pol Wahyu Widada, As SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, dan pejabat utama Polri lainnya diketahui melakukan shalat Idul Fitri di Masjid Al Ikhlas Mabes Polri.

Dalam khotbahnya, Jajang menyampaikan mambawa tema "Pentingnya Menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa".

Jajang mengatakan, perbedaan yang ada di tengah masyarakat sudah seharusnya menjadi keberagaman yang harus disyukuri.

Oleh karenanya, hal itu tidak sepatutnya menjadi sumber perpecahan.

“Kita harus belajar untuk menghargai dan menghormati perbedaan tersebut, sambil tetap bersatu dalam menjalankan ajaran agama kita. Sambil kita terus menerus belajar dan mengamalkan nilai-nilai yang telah disepakati dalam berbangsa dan bernegara,” ujar Jajang.

Di sisi lain, dia mengatakan, memang dinamika dalam berbangsa dan bernegara tengah terjadi. Tetapi, netralitas Polri menjadi hal yang sangat penting dalam menghadapi dinamika tersebut.

“Polri memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga netralitasnya sebagai institusi negara, terutama dalam konteks politik,” kata Jajang.

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/10/15540331/kapolri-idul-fitri-jadi-momentum-pererat-persatuan-di-tengah-perbedaan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke