Salin Artikel

Gelar Shalat Idul Fitri, Masjid Istiqlal Pinjam Kantung Parkir Kemenag dan Katedral

Salah satu persiapan itu adalah kantung parkir. Nasaruddin menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan gedung-gedung sekitar Masjid Istiqlal mengenai peminjaman area parkir untuk warga.

"Parkir mengatasinya seperti apa? Ya pengalaman kita, kita di depan ini ada khusus untuk parkir, kemudian khusus untuk tamu-tamu kita dari Kementerian Agama, tempat parkir Kementerian Agama," kata Nasaruddin dalam konferensi pers di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (9/4/2024).

"Kemudian, kami juga sudah berkomunikasi dengan Katedral juga ya kita pakai tempat parkirnya, dan kantor-kantor yang memiliki space parkir," ujarnya lagi.

Masjid Istiqlal sendiri, menurut Nasaruddin, memiliki kapasitas lahan parkir di basement yang mampu menampung 1.000 mobil.

Selain itu, warga yang datang menggunakan bus akan diarahkan parkir di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Dia pun mengimbau semua warga yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal untuk mengikuti aturan tersebut.

"Jadi, kalau saja diikuti peraturan-peraturan besok yang ditetapkan oleh pihak kepolisian, Insya allah bisa lancar," kata Nasaruddin.

Di lain sisi, Nasaruddin juga mengimbau semua umat yang akan melangsungkan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal untuk datang pada saat Shalat Subuh.

Hal tersebut untuk menghindari kemacetan di sekitar Masjid Istiqlal dan juga demi kemudahan mencari lokasi parkir.

"Maka itu bagusnya kalau tidak datang sekaligus, misalnya jam 6, start dari rumah, itu pasti akan numpuk. Tapi, kalau ada yang datang Shalat Subuh lebih awal, nah besok kesempatan cari parkir lebih mudah," ujar Nasaruddin.

Sementara itu, diketahui pemerintah baru akan menetapkan 1 Syawal 1445 H atau Hari Raya Idul Fitri melalui sidang isbat pada Selasa sore.

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/09/17292261/gelar-shalat-idul-fitri-masjid-istiqlal-pinjam-kantung-parkir-kemenag-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke