Salin Artikel

Hasto Sebut Saksi Ganjar-Mahfud Tak Tandatangani Berita Acara Hasil Pemilu dan Sampaikan Keberatan 9 Halaman

Hal itu disampaikan Hasto dalam konferensi pers menyikapi hasil rekapitulasi suara Pilpres 2024, yang digelar di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara Nomor 19 Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

"Karena melihat kecurangan hulu hilir yang terjadi, saksi dari pasangan Ganjar-Mahfud tidak menandatangani berita acara dan menyampaikan berbagai bentuk keberatan-keberatan, sekitar sembilan halaman terhadap seluruh pelaksanaan Pilpres," kata Hasto.

Saat menyampaikan itu, Hasto turut didampingi Sekjen Partai Hanura Benny Rhamdani, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, dan anggota Mahkamah Partai DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Abdullah Mansyur.

Namun, Hasto tak menjabarkan apa saja isi sembilan halaman keberatan yang diberikan oleh saksi Ganjar-Mahfud itu.

Di lain sisi, menurut Hasto, kecurangan Pilpres 2024 memang sudah terlihat sejak awal tahapannya.

Selain itu, keanehan juga disebut masih terjadi bahkan sesudah KPU RI mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024.

"Tetapi, hari ini kami masih melihat bahwa perhitungan-perhitungan di dalam Sirekap itu masih banyak mengalami perubahan-perubahan," ujar Hasto

"Saya mengecek, tadi malam saya tungguin langsung dari jam 23.00 tadi malam, sampai tadi siang sekitar jam 12.30 itu setidaknya masih ada perubahan di lebih dari 753 kali perubahan, padahal dinyatakan sudah rekapitulasi selesai," katanya lagi.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan bahwa pihaknya kini dicecar tidak mau menerima kekalahan lantaran terus melontarkan kritik terhadap hasil Pemilu 2024.

Padahal, menurut dia, ini bukan soal kekalahan atau kemenangan. Hasto menyatakan bahwa berbagai kritik disampaikan agar bangsa dan negara menganggap pentingnya menjaga nilai demokrasi.

"Maka terhadap hasil yang diumumkan KPU tadi malam, sikap dari partai politik pengusung Pak Ganjar-Mahfud menegaskan bahwa proses pemilu belum selesai," ujar Hasto.

Seluruh partai politik pengusung Ganjar-Mahfud disebut mendukung langkah Konstitusi ke MK tersebut.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan penetapan KPU RI atas rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional Pilpres 2024, Rabu (20/3/2024), pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran dinyatakan memperoleh 96.214.691 suara.

Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mengantongi 40.971.906 suara.

Selanjutnya, capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mendapatkan 27.040.878 suara.

https://nasional.kompas.com/read/2024/03/21/21504941/hasto-sebut-saksi-ganjar-mahfud-tak-tandatangani-berita-acara-hasil-pemilu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke