Salin Artikel

TPN: Hak Angket Sudah Jadi Sikap Partai, pada Dasarnya Akan Kami Gulirkan

“Pada dasarnya arah kecenderungan memang ini akan kami gulirkan, ini prinsip. Ini bukan lagi hanya sekadar usulan Mas Ganjar Pranowo, tetapi sudah menjadi sikap partai politik,” kata Firman dalam Obrolan Newsroom Kompas.com, Senin (18/3/2024).

Namun, kata Firman, parpol pengusung masih ingin berkonsolidasi lebih utuh agar hak angket berkualitas.

Misalnya, mana saja parpol yang lolos ke parlemen, dan sebaliknya.

“Karena kami menunggu konsolidasi yang lebih pasti,” ujar Firman.

Politikus PDI-P itu mengatakan, hak angket itu juga akan dibarengi dengan naskah akademik. Menurut dia, naskah akademik itu sudah rampung.

“Ada banyak dinamika untuk memperkuat angket sebenarnya, bukan makin memperlemah. Yakin dan percayalah,” kata Firman.

Ganjar mendorong dua partai politik pengusungnya, PDI-P dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menggunakan hak angket karena menurutnya DPR tidak boleh diam dengan dugaan kecurangan yang menurutnya sudah telanjang.

Gayung bersambut, capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyatakan bahwa partai politik pengusungnya juga siap untuk menggulirkan hak angket.

Tiga parpol pengusung Anies-Muhaimin Iskandar adalah Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, wacana tersebut seolah jalan di tempat karena belum ada satu pun anggota Dewan, bahkan fraksi partai politik yang resmi mengajukan atau menjadi inisiator untuk menggulirkan hak angket di DPR.

https://nasional.kompas.com/read/2024/03/19/13373771/tpn-hak-angket-sudah-jadi-sikap-partai-pada-dasarnya-akan-kami-gulirkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke