Salin Artikel

Mahfud soal Pertanyaan Debat Capres-Cawapres: Kalau Tingkat Tinggi yang Substansial Saja

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menilai pertanyaan dalam debat capres-cawapres seharusnya mengulas gagasan soal akar dan jalan keluar permasalahan, dan tidak berkutat dengan menggunakan istilah asing dan kurang akrab dengan masyarakat awam.

Dia menyampaikan hal itu sebagai tanggapan atas taktik dilakukan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming dalam debat perdana cawapres pada pekan lalu.

“Kalau sudah tingkat tinggi itu mestinya yang substansial saja, diuraikan latar belakangnya lalu apa maksudnya,” kata Mahfud MD usai menghadiri acara selawat bersama Perindo di Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (25/12/2023) pekan lalu, seperti dikutip dari Kompas TV.

Mahfud mengatakan, jika para kandidat dalam debat capres-cawapres hanya saling melontarkan pertanyaan seputar istilah asing dan kurang akrab, maka dia bisa mendapatkannya dalam jumlah banyak dalam satu hari.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam debat kedua yang dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) lalu, Gibran melontarkan pertanyaan kepada Mahfud MD soal proses penyusunan aturan tentang teknologi carbon capture storage.

Carbon capture storage atau penangkapan dan penyimpanan karbon adalah suatu proses penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida selama persiapan bahan bakar fosil maupun dari limbah hasil pembakarannya. Kegiatan penangkapan dan penyimpanan karbon dilakukan pada pembangkit listrik dan proses pengolahan gas alam.

Dia juga kemudian memaparkan topik pertanyaan yang diajukan Gibran seharusnya disampaikan pada debat ke-4 yang membahas soal lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, Gibran bertanya kepada cawapres nomor urut 1 tentang State of Global Islamic Economy (SGIE) dan menaikkan peringkat Indonesia.

Muhaimin lantas sempat meminta Gibran buat menjelaskan SGIE yang terkait dengan perekonomian syariah dan produk halal. Setelah itu Muhaimin kemudian baru memaparkan argumennya terkait pertanyaan itu.

https://nasional.kompas.com/read/2023/12/25/19013331/mahfud-soal-pertanyaan-debat-capres-cawapres-kalau-tingkat-tinggi-yang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke