Salin Artikel

Minta Peringkat Daya Saing Indonesia Naik, Jokowi: Singapura di Ranking 4

Sebab, Indonesia masih tertinggal dengan beberapa negara di Asia Tenggara. Diketahui, berdasarkan International Institute for Management Development (IMD) soal World Competitiveness Rangking 2023, Indonesia berada di peringkat ke-34 dari sebelumnya ke-44.

Namun, angka ini masih berada di bawah Thailand dengan peringkat 30, Malaysia di peringkat 27, dan Singapura di peringkat keempat.

"Kalau dibandingkan dengan Singapura, jauh lagi. Singapura di ranking keempat. Tapi kita ya sudah baik, tapi tetap harus bekerja keras untuk mengejar agar ranking kita semakin baik," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2023 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Namun, dibandingkan dengan Filipina, Indonesia masih jauh lebih baik. Filipina berada di peringkat 52, terpaut 18 peringkat lebih rendah.

Sementara itu, Jokowi mengatakan, Indonesia perlu menciptakan iklim investasi yang kondusif untuk meningkatkan peringkat daya saing.

Oleh karena itu, Kepala Negara meminta gubernur, bupati, hingga walikota, maupun Kementerian Investasi membuat iklim investasi yang kondusif.

Selain itu, cepat tanggap ketika investor mengalami masalah dan tidak hanya fokus pada aspek marketing.

"Kepala daerah, gubernur, bupati, wali kota, kepala dinas, kepala administrator KEK, semuanya adalah ujung tombak dari pelayanan investasi yang ada di negara kita. Jadi saya minta terus perbaiki iklim investasi nasional maupun daerah," ujar Jokowi.

Akibat berfokus pada marketing, menurutnya, banyak investor yang batal menanamkan modal ke Indonesia.

"Begitu investor datang, pembebasan lahan gagal, balik enggak jadi investasi. Investor datang lagi ruwet perizinannya, balik kembali lagi enggak jadi investasi. Sehingga konsentrasi kita sekarang ini enggak di marketing, tapi di penyelesaian di dalam negeri kita sendiri," kata Jokowi.

https://nasional.kompas.com/read/2023/12/07/16485081/minta-peringkat-daya-saing-indonesia-naik-jokowi-singapura-di-ranking-4

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke