Salin Artikel

Dianugerahi Bintang Jasa Pratama, Presiden FIFA: Ini Pererat Hubungan dengan Indonesia

Hal ini dikatakannya usai dianugerahi bintang jasa Pratama di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023). Ia mengatakan, hubungan yang lebih erat dengan Indonesia sudah terjalin sejak setahun lalu.

"Tentu saja hal ini akan mempererat hubungan antara FIFA dan Indonesia. Ini ketiga kalinya saya berada di Indonesia dalam waktu kurang dari setahun, kurang lebih setahun. Ini mungkin negara yang cukup unik yang paling sering saya kunjungi dalam waktu singkat," kata Gianni di Istana Negara, Jumat.

Gianni lantas menyinggung Tragedi Kanjuruhan pada tahun lalu yang menewaskan ratusan orang. Tragedi itu sedikit banyak membuat federasi sepakbolanya meningkatkan kehadiran di Indonesia.

Kehadiran itu ditunjukkan dengan pembukaan kantor FIFA di Jakarta yang bakal diresmikan hari ini. Ini menunjukkan Indonesia adalah salah satu negara yang penting lantaran membuka kantor di negara lain butuh banyak pertimbangan.

"Ini lebih dari sekedar kantor, (membuka kantor) ini sangat sulit untuk seluruh wilayah. Ini adalah negara yang penting. Indonesia adalah negara besar dan Presiden Joko Widodo disegani dimana-mana," ucap Gianni.

Menurut Gianni, Indonesia layak mendapat kehadiran FIFA lantaran berpotensi menjadi negara sepakbola terkemuka. Indonesia memiliki kapasitas dan mempunyai keinginan kuat akan hal tersebut.

Oleh karena itu, FIFA bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk membuat sepak bola berkembang sehingga kecintaan terhadap sepakbola di dalam negeri makin berkembang.

"Kami punya ahli dalam keselamatan dan keamanan stadion, ahli dalam memerangi pengaturan skor, dan penyakit sepak bola lainnya. Namun yang terpenting, keahlian dalam hal penyelenggaraan event, penyelenggaraan kompetisi, dan pengembangan pemain. Semua pusat keunggulan ini akan berbasis di Jakarta dan Anda akan melihat hasilnya," ujar Gianni.

Sebagai informasi, anugerah tanda kehormatan bintang jasa pratama itu diberikan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada Jumat (10/11/2023).

Anugerah itu diberikan sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang besar di bidang olahraga, yang bermanfaat bagi kesejahteraan dan kebesaran bangsa maupun negara. Jasanya pun diakui secara luas di tingkat nasional serta warga negara asing.

Hadir dalam acara penganugerahan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

https://nasional.kompas.com/read/2023/11/10/14423051/dianugerahi-bintang-jasa-pratama-presiden-fifa-ini-pererat-hubungan-dengan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke