Salin Artikel

Di Hadapan Relawan Ganjar-Mahfud, Puan Maharani Bicara soal "Saudara yang Tak Bersama Lagi"

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Puan Maharani berbicara soal saudara yang tak lagi bersama saat memimpin konsolidasi relawan Ganjar-Mahfud di Surabaya.

Puan tak menyebut spesifik siapa saudara yang dimaksud tersebut. Ia juga menegaskan hal itu tak membuat PDI-P berkecil hati untuk memenangkan pasangan calon (Paslon) Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang telah diusung.

Mulanya, Puan menyinggung kondisi dinamika politik tahun 2023 yang dinilai berbahaya dan menguji soliditas siapa pun.

"Tahun 2023 ini saya katakan dengan meminjam istilah Bung Karno adalah ‘Tahun-Tahun Menyerempet Bahaya’ atau ‘Vivere Pericolosso’. Kenapa? Karena tahun ini adalah tahun di mana bangsa Indonesia akan diuji soliditas dan semangat persaudaraan kebangsaannya dalam menghadapi tahun politik," kata Puan dalam keterangannya, Minggu (22/10/2023).

Ini disampaikan Puan saat memimpin konsolidasi relawan Ganjar-Mahfud seluruh Jawa Timur yang digelar di Surabaya, Sabtu (21/10/2023).

Puan kemudian menyinggung soal ‘saudara’ yang kini seakan tak ingin bersama PDI-P lagi.

Padahal, menurutnya, ‘saudara’ yang dimaksud merupakan bagian dari keluarga PDI-P.

“Kita ini bisanya berpikir keras, apa iya situasi politik seperti ini? apa iya teman yang selama ini bersama kita, saudara yang selama ini bersama kita, keluarga yang selama ini bersama kita, kok bisa enggak sama kita lagi?” ujar Puan.

Ketua DPR RI ini mengaku hingga kini masih bertanya-tanya apakah kerasnya situasi politik belakangan hanya framing di media saja.

Awalnya, kata Puan, dirinya masih percaya ‘saudara’ yang dimaksud sebenarnya masih bersama PDI-P.

“Namun kemudian pikiran kita mengatakan, ‘loh tapi kok terus-terusan begini? iya enggak yah (berubah)? Ternyata iya,” tutur dia.

Kendati demikian, Puan mengatakan PDI-P akan tetap solid sekalipun ‘saudara’ itu memutuskan tidak bersama lagi.

Dia menegaskan, PDI-P tetap akan semangat memperjuangkan Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden pada tahun 2024.

“Kalau memang saudara, keluarga, dan teman kita tidak bersama kita, bukan berarti kita gamang hati, kita berubah, kita takut. Kita berani lawan! Tetap semangat memenangkan Ganjar-Mahfud, tidak akan berubah,” tegas Puan.

“Yakin, pasti enggak akan berubah, enggak akan takut. Takut enggak?” lanjutnya bertanya kepada para relawan.

Secara serentak, relawan dan simpatisan yang hadir mengatakan tidak takut.

“Nah inilah saudara seperjuangan untuk Indonesia,” timpal Puan.

Sebagai informasi, acara konsolidasi relawan ini turut dihadiri oleh Ketua DPD PDI-P Jawa Timur, Said Abdullah dan Ketua Tim Pemenangan Daerah (TDP) PDI-P Jawa Timur, Budi Sulistyono atau akrab disapa Kanang.

https://nasional.kompas.com/read/2023/10/22/06191931/di-hadapan-relawan-ganjar-mahfud-puan-maharani-bicara-soal-saudara-yang-tak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke