Salin Artikel

Tampilkan Kolose Senapan Saat HUT Ke-78, TNI Ingin Pecahkan Rekor Muri

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI ingin memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dengan menampilkan kolose senapan saat perayaan HUT ke-78 mereka di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda Arif Widianto mengatakan, bakal ada 678 prajurit yang mendemonstrasikan kolose senapan di Monas.

“Ini salah satu kegiatan yang memecahkan rekor Muri. Karena memang kolose senapan ini dilaksanakan tiga matra dengan jumlah 678 prajurit TNI,” kata Arif dalam geladi resik, Selasa (3/10/2023).

Pada puncak perayaan HUT ke-78 nanti, TNI ingin memberikan pesan kepada masyarakat bahwa TNI siap mengawal pertahanan dan keamanan negara.

“Dan bersinergi dengan masyarakat untuk bersama-sama dalam rangka mendukung Indonesia maju,” ujar Arif.

Sebelumnya, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan didampingi Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen Muhammad Nur Rahmad dan Aspers Panglima TNI, meninjau persiapan demo kolose senapan itu dengan mengunjungi Markas Komando Pasukan Marinir 1 (Mako Pasmar 1) di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2023).

“Terima kasih atas pelaksanaan latihannya, sejauh ini sudah baik, tetapi masih bisa ditingkatkan lagi karena masih ada waktu untuk bisa memberikan terbaik dan kalau ada kendala segera dilaporkan,” kata Bambang dalam siaran pers Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Selasa (19/9/2023).

Adapun kolose senapan merupakan demo menggunakan senjata laras panjang dengan sangkur terpasang.

Kolose senapan membutuhkan kedisiplinan yang tinggi, kecermatan dalam bergerak, ketepatan dalam bertindak, ketahanan fisik dan stamina, akurasi gerakan yang tepat, kepatuhan terhadap perintah, serta tidak kalah penting adalah kerja sama tim.

https://nasional.kompas.com/read/2023/10/03/15563151/tampilkan-kolose-senapan-saat-hut-ke-78-tni-ingin-pecahkan-rekor-muri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke