Salin Artikel

KSAL Temui Komandan Marinir Amerika, Bahas Kerja Sama Peningkatan Kapabilitas Personel

Pembahasan itu dilakukan saat Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menemui Commandant USMC General Eric M. Smith di Ruang Bilateral Meeting, Newport Harbour Island Resort, Amerika Serikat, pada Selasa (19/9/2023) waktu setempat.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama I Made Wira Hady melalui keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023), mengatakan bahwa pertemuan itu menghasilkan beberapa kesepakatan penting.

“Dalam kesempatan itu, TNI AL dan USMC sepakat untuk membahas peningkatan kerja sama yang fokus pada peningkatan Personnel Capability sebagai pembahasan utama,” kata Kadispenal.

Sementara itu, General Eric menyampaikan keinginannya untuk dapat meningkatkan hubungan persahabatan antara kedua belah pihak, terutama dalam meningkatkan hubungan antar-personel Marinir.

Eric mengatakan bahwa USMC akan membuka peluang pendidikan dan latihan dengan Korps Marinir TNI AL.

Diketahui, TNI AL, Korps Marinir Amerika Serikat dan US Navy mulai merencanakan latihan bersama (latma) bersandi "Cooperation Afloat Readiness and Training” atau CARAT yang akan digelar pada Mei 2024.

Sejumlah satuan dari US Navy dan USMC menghadiri perencanaan awal tersebut.

Satuan-satuan itu meliputi US 7th Fleet Command, US Destroyer Squadron 7 Command, US Amphibious Squadron 5 Command, CTF-75, CTF-73, CTF-72, CPR-5, US Marine Expeditionary Force-I (IMEF), US 15th Marine Expeditionary Unit, dan perwakilan dari US Office Defence Cooperation dari Jakarta.

https://nasional.kompas.com/read/2023/09/22/14010301/ksal-temui-komandan-marinir-amerika-bahas-kerja-sama-peningkatan-kapabilitas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke