Salin Artikel

Jemaah Haji di Madinah Bisa Masuk Raudhah, Begini Tata Caranya

Raudhah adalah area dalam Masjid Nabawi yang berada di antara rumah Nabi Muhammad SAW, yang sekarang menjadi makam nabi dan mimbar.

Luas Raudhah dari arah timur ke barat mencapai 22 meter, dan dari utara ke selatan 15 meter. Raudah adalah salah satu tempat di mana doa-doa dikabulkan.

"Di Madinah juga, jemaah berkesempatan beribadah di Raudhah," kata Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Namun, Dodo mengatakan, ada ketentuan dan tata cara masuk Raudhah yang telah ditetapkan oleh pengelola Masjid Nabawi. Ia meminta jemaah mematuhi dan mengikuti tata cara itu.

Ketentuannya, setiap jamaah haji hanya bisa masuk ke Raudhah satu kali bersama jemaah kloter, sesuai dengan jadwal yang ditentukan dari Daerah Kerja (Daker) Madinah.

Jadwal masuk ke Raudhah berlaku sekali dan tidak bisa diganti ke waktu yang lain.

Untuk informasi jadwal masuknya, ketua kloter akan berkoordinasi dengan pembimbing ibadah sektor.

"Selanjutnya, jemaah kloter menuju sekitar area pintu 37 dan 38, atau pintu pagar 359 Masjid Nabawi satu jam sebelum jadwal masuk Raudhah. Jemaah agar mengikuti arahan dari petugas sektor khusus Masjid Nabawi," ujar Dodo.

"Kepada jemaah, jangan sungkan meminta bantuan petugas yang siaga 24 jam di pemondokan dan Masjid Nabawi bila menemui kesulitan selama di Madinah," kata Dodo.

Diketahui, hari Rabu ini, 8.515 jemaah haji gelombang II dari 22 kloter diberangkatkan ke Madinah menggunakan bus untuk menjalankan Ibadah Arbain. Mereka pun berkesempatan mengunjungi Raudhah.

https://nasional.kompas.com/read/2023/07/12/16132391/jemaah-haji-di-madinah-bisa-masuk-raudhah-begini-tata-caranya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke