Salin Artikel

Saat Kaisar Jepang Naruhito Mau Tahu Kesan Warga Jakarta Naik MRT hingga Lihat Pompa Waduk Pluit

Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro mengungkapkan, Naruhito berkunjung ke Depo MRT di Lebak Bulus karena ingin tahu langsung kesan warga DKI Jakarta mengenai MRT.

"Seperti kita ketahui, empat tahun yang lalu itu (MRT) diresmikan di Jakarta. Dan juga sudah banyak penggunanya. Dan saya ingin tahu sekali seperti apakah kesan dari warga Jakarta yang menggunakan MRT," ujar Shiojiri menyampaikan pesan Kaisar Naruhito, dalam jumpa pers di Hotel Kempinski Indonesia, Jakarta.

Shiojiri mengatakan, Kaisar Jepang melihat sejumlah fasilitas yang tersedia di MRT Jakarta.

Bahkan, Kaisar Naruhito juga mendapat berbagai penjelasan dari tenaga ahli di Depo MRT tersebut.

"Mungkin karena bapak/ibu sudah ahli di bidang jurnalis, pasti banyak sumber informasi, mungkin juga mendapatkan informasi mengenai kunjungan ke Depo MRT dari kawan-kawan di pihak Indonesia," katanya.

Setelah mengunjungi Depo MRT Jakarta, Kaisar Jepang Naruhito bertolak ke Waduk Pluit.

"Seperti kita ketahui, kalau misalnya sarana atau fasilitas seperti stasiun pompa pluit ini kalau umpama tidak ada, kota Jakarta selalu terkena banjir atau tergenang air," ujar Shiojiri.

"Dan saya ingin sampaikan secara singkat, dan kalau misalnya sarana tersebut tidak ada, Jakarta bisa banjir," katanya lagi.

Shiojiri mengatakan, Pompa Waduk Pluit tersebut memiliki sejumlah manfaat. Salah satunya adalah untuk mencegah penurunan tanah di Jakarta.

Ia lantas mengungkit Pompa Waduk Pluit yang pernah rusak berat pada 2009 silam.

"Setelah itu Jepang dan Indonesia bekerja sama untuk membangun kembali fasilitas tersebut sejak tahun 2014. Fasilitas tersebut sudah disaksikan dan dikunjungi oleh Kaisar," kata Shiojiri.

Sementara itu, kata Shiojiri, Kaisar Jepang mengunjungi Indonesia lantaran memiliki keinginan kuat untuk menyaksikan seperti apa perkembangan kerja sama dan persahabatan Jepang-Indonesia.

Ia mengungkapkan, Kaisar Jepang ingin melihatnya dengan mata sendiri.

"Oleh karena itu, pada hari pertama sudah mengunjungi dua lokasi tersebut," ujar Shiojiri.

https://nasional.kompas.com/read/2023/06/18/20171991/saat-kaisar-jepang-naruhito-mau-tahu-kesan-warga-jakarta-naik-mrt-hingga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke