Salin Artikel

PPP Tak Keberatan Perindo Usulkan TGB Jadi Cawapres Ganjar, tapi..

Akan tetapi, Juru Bicara PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengingatkan bahwa Partai Perindo tak memiliki kursi di DPR RI.

“Ya boleh-boleh saja, namanya usulan kan bisa diterima bisa enggak. Tetapi ya Perindo kan tidak punya kursi di DPR,” sebut Awiek di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Menurut Awiek, Perindo tak harus memaksakan agar usulannya itu diakomodir. Sebab, ada banyak posisi yang bisa didapatkan Partai Perindo jika nantinya Ganjar memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kalau kemudian nanti usulan Perindo tidak ditanggapi, artinya tidak diakomodir sebagai cawapres, kan ada calon menteri dan semacamnya,” papar dia.

Bagi PPP, lanjut Awiek, yang terpenting figur bacawapres bisa membantu pemenangan Ganjar lebih dulu.

Ia lantas membandingkan TGB dengan kandidat bacawapres yang diusulkan PPP, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Misalnya beliau (TGB) pernah Gubernur di NTB, berapa sih penduduk NTB? Kan begitu cara menghitungnya. Terus dia menang di dapil dua kali, berapa sih kemenangan yang dia dapat ketika pilkada dua kali itu?” tutur dia.

“Apakah sama, sepadan, taruhlah kalau tadi disebut-sebut nama Pak Sandi, (jumlah suara) yang didapat Pak Sandi secara nasional? Atau yang didapat Pak Sandi di DKI? Harus apple to apple begitu membandingkannya,” imbuh dia.

Sebelumnya, usulan Partai Perindo memasangkan Ganjar dan TGB diungkap oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto.

Usulan tersebut muncul setelah Perindo resmi menyatakan sikap untuk mengusung Ganjar pada Pilpres 2024.

"Ya monggo karena ini kan aspirasi partai-partai ya, sama juga dengan Perindo kemudian juga sempat menyebut Tuan Guru Bajang," ucap Hasto di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Adapun selain TGB dan Sandi, PDI-P juga tengah mempertimbangkan figur bacawapres lain seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

https://nasional.kompas.com/read/2023/06/13/13090441/ppp-tak-keberatan-perindo-usulkan-tgb-jadi-cawapres-ganjar-tapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke