Salin Artikel

Pemerintah Canangkan Reformasi Birokrasi Tematik, Disebut Bakal Beri Dampak ke Masyarakat

"RB tematik perlu didorong, untuk memperkuat peran birokrasi dalam mendukung agenda prioritas nasional, baik agenda penanggulangan kemiskinan, kemudahan berinvestasi, digitalisasi administrasi, maupun program prioritas lainnya," kata Ma'ruf Amin, Senin.

Acara pencanganan ini turut dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta sejumlah pimpinan lembaga dan kepala daerah.

Azwar Anas menjelaskan, RB tematik diselenggarakan supaya kegiatan reformasi birokrasi difokusikan pada empat klaster dan dampaknya dapat lebih dirasakan masyarakat.

Keempat klaster dimaksud adalah penanggulangan kemiskinan, kemudahan berinvestasi, digitalisasi pemerintahan, serta belanja produk dalam negeri menggunakan e-katalog.

Azwar Anas mengatakan, dengan RB tematik ini, empat klaster di atas akan menjadi indikator dalam eveluasi indeks RB di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

"Sehingga birokrasi kita sebagaimana diharapkan presiden dapat memberikan manfaat langsung ke masyarakat," kata Azwar Anas.

Kemudian, ia mengungkapkan,, selama ini reformasi birokrasi hanya fokus pada sisi hulu, yakni melakukan perbaikan sistem dan manajemen internal instansi pemerintah untuk menyelesaikan tata kelola birokrasi.

Hal itu dinilai kurang berdampak ke masyarakat. Contohnya, anggaran pengentasan kemiskinan yang mencapai Rp 500 triliun di berbagai kementerian/lembaga belum mengurangi angka kemiskinan secara signifikan.

Pasalnya, menurut Azwar Anas, dana tersebut lebih banyak dihabiskan untuk kegiatan perjalanan dinas, seminar, dan sebagainya, bukan fokus untuk mengentaskan kemiskinan.

"Ke depan, dengan reformasi birokrasi tematik itu semua ditambah dengan fokus isu-isu prioritas pemerintah di antaranya penanggulangan kemiskinan dan kemudahan investasi untuk menyelesaikan masalah utama di masyarakat atau problem hilir," ujar Azwar Anas.

https://nasional.kompas.com/read/2022/12/05/15191601/pemerintah-canangkan-reformasi-birokrasi-tematik-disebut-bakal-beri-dampak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke