Salin Artikel

Lakukan Misi Kemanusiaan, Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut China Berlabuh di Tanjung Priok

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut China bernama Peace Ark, bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, untuk melakukan misi kemanusiaan bersama Angkatan Laut Indonesia pada 10-18 November 2022.

Misi kemanusiaan ini adalah yang kedua setelah sebelumnya pernah bersandar di tempat yang sama pada September 2013.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Arianti Anaya mengatakan, Kemenkes telah memberikan panduan untuk pelayanan kesehatan dalam rangka bakti sosial di wilayah pelabuhan Tanjung Priok yang dilakukan oleh personil kesehatan Warga Negara Asing (WNA).

Pelayanan bersifat sementara dan hanya boleh dilakukan pada 10-18 November 2022 sesuai izin tinggal, dan Pusat Kesehatan TNI menyediakan personel pendamping dengan kualifikasi sejenis dan dalam jumlah yang sesuai.

“Layanan tersebut harus mengikuti ketentuan perundang-undangan dan tetap didampingi oleh petugas medis dari pos kesehatan TNI,” jelas Arianti Anaya dalam siaran pers, Selasa (15/11/2022).

Adapun ketentuan yang harus diikuti oleh pemberi pelayanan kesehatan di antaranya adalah Tenaga Medis WNA harus memperoleh persetujuan praktik dari Konsil Kedokteran Indonesia.


“Tenaga kesehatan selain dokter dan dokter gigi dalam Kapal tidak boleh memberikan pelayanan kesehatan” ujar Anaya.

Lalu, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) dilakukan di luar kapal RS (onshore).

Sedangkan pelayanan kesehatan bagi WNA China dapat dilakukan di kapal RS (onboard).

"Pelayanan kesehatan yang dapat diberikan kepada WNI mencakup pelayanan edukasi kesehatan, pemeriksaan fisik dan atau penunjang non-invasif," ucap dia.

Kemudian, pelayanan kesehatan yang tidak diperkenankan diberikan kepada WNI mencakup pemeriksaan fisik dan atau penunjang invasif, termasuk pemeriksaan PCR, pengambilan sampel darah, dan material biologis lainnya.

"Pemberian obat atau material apapun baik secara oral, anal, intra vena, intramuscular, inhalasi, maupun dengan cara lain, termasuk pemberian vaksin apapun juga tidak diperkenankan," jelas Anaya.

https://nasional.kompas.com/read/2022/11/15/10093031/lakukan-misi-kemanusiaan-kapal-rumah-sakit-angkatan-laut-china-berlabuh-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke