Salin Artikel

Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi, Warga Diminta Tak Panik dan Patuhi Prokes

Budiman mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tidak perlu panik, kan Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil mengendalikan Covid-19 dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, kita termasuk yang berhasil,” kata Budiman di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Budiman juga mengatakan, masyarakat tidak perlu takut karena varian Omicron tersebut ternyata tidak menimbulkan gejala yang berat.

“Jadi kita tidak perlu takut,” terang dia.

Di samping itu, ia mengimbau masyarakat agar melakukan vaksinasi. Imbauan ini berlaku bagi masyarakat yang belum menerima vaksin, termasuk booster.

“Booster penting buat mencegah varian baru. Mari sama-sama membantu melancarkan vaksinasi booster,” imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membenarkan adanya kasus konfirmasi Omicron BA.4 dan BA.5 di Bali.

Kasus konfirmasi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 merupakan kasus pertama yang tercatat di Indonesia.

Pihak Satgas Covid-19 mengaku telah melakukan penanganan sesegera mungkin agar varian baru itu tidak menyebar ke wilayah Indonesia lainnya.

"Kasus positif pertama varian baru tersebut sudah ditangani cepat termasuk diisolasi sehingga diharapkan tidak terjadi meluasnya penularan termasuk lintas daerah," jelas Wiku. 

https://nasional.kompas.com/read/2022/06/14/14092781/omicron-ba4-dan-ba5-terdeteksi-warga-diminta-tak-panik-dan-patuhi-prokes

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke