Salin Artikel

Pemerintah dan Penyelenggara Diminta Perhatikan Jadwal dan Kesiapan Pemilu 2024

Hal pertama yang harus diperhatikan kata dia adalah, jadwal pemilu agar tidak terlalu berdekatan dengan jadwal pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

"Di bulan Mei saya rasa itu terlalu dekat dengan pilkada. Sehingga perlu memang upaya untuk mempersiapkan teknis kepemiluan, subtansi kepemiluan ini lebih baik," kata Delia dalam diskusi daring, Senin (4/10/2021).

Kemudian, Delia juga menilai evaluasi Pemilu Tahun 2019 juga perlu jadi pertimbangan penyelenggara pemilu 2024.

Pertimbangan itu mulai dari kompleksitasnya hingga bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia SDM sehingga bisa menjadi pembelajaran ke depannya.

"Lalu yang ketiga adalah kesiapan penyelenggara pemilu dari sisi teknologinya," ujarnya.

"Saya menekankan dua hal karena ini yang perlu perbedaan untuk pemilu serentak 2024. yang pertama teknologi yang kedua adalah SDM. Yang kedua adalah kesiapan partai ya," kata Delia.

Begitu pula dengan aspek kesiapan pemilih agar konsentrasi isunya bukan hanya di pemilihan presiden tapi juga di pemilu legislatig dan pilkada.

Selain itu, kesiapan pemerintah dalam hal penyelenggaraan terutama terkait anggaran juga perlu menjadi perhatian.

"Karena ini kan sebetulnya putusan yang diambil oleh pemerintah juga gitu. Tidak mendorong revisi Undang-Undang Pemilu, sehingga ya persoalan ini akan selalu ada dan akan selalu hadir," ucap Delia.

https://nasional.kompas.com/read/2021/10/05/11083061/pemerintah-dan-penyelenggara-diminta-perhatikan-jadwal-dan-kesiapan-pemilu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke