Salin Artikel

Doni Monardo Resmikan RS Covid-19 Ir Soekarno di Bangka Belitung

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir Soekarno, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/3/2021).

Peresmian RS rujukan untuk pasien Covid-19 itu dilakukan secara simbolis dan penandatanganan prasasti bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.

“Rumah Sakit ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terpapar Covid-19,” kata Doni dalam keterangan tertulis, Kamis.

Doni mengatakan, rumah sakit yang dibangun dengan menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB itu memiliki luas lahan kurang lebih 1,05 hektar dengan kapasitas 100 tempat tidur masing-masing 25 untuk ICU dan 75 untuk perawatan isolasi.

Menurut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu, proses pembangunan rumah sakit memakan waktu 45 hari berkolaborasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang didelegasikan kepada Kementerian Kesehatan dan BUMN.

"Ini kolaborasi dan sudah menjadi program nasional di mana penanganan kedaruratan itu tidak bisa berdiri sendiri," ujarnya.

Selain itu, Doni menjelaskan, seluruh proses pengembangan dan perencanaan telah melibatkan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kita harapkan seluruh proses ini berjalan dengan baik, setiap sen uang negara yang dikeluarkan harus bisa dipertanggungjawabkan," ucapnya.

Lebih lanjut, Doni mengapresiasi upaya Pemprov Bangka Belitung dalam penanganan kasus Covid-19.

Data Satgas Penanganan Covid-19 hingga 17 Maret 2021 menunjukkan, kasus aktif di Bangka Belitung sebanyak 690 atau berada di bawah rata-rata nasional 8,36 persen dan angka kematian di bawah angka nasional yakni 1,54 persen.

"Jangan lengah. Bapak Presiden selalu mengatakan ‘konsisten’, Tidak cukup hari ini kita disiplin lantas lengah. Jangankan satu hari atau satu jam, satu menit saja kita lengah, kita bisa terpapar Covid-19," pungkasnya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/03/18/16380831/doni-monardo-resmikan-rs-covid-19-ir-soekarno-di-bangka-belitung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke