Salin Artikel

Pramono Anung: Kalau Mengenang Pak Habibie, Ada 5 Kata yang Selalu Diingat

Usai melayat, Pramono menyatakan, ada lima kata yang melekat dan selalu diingat ketika berbicara tentang sosok Habibie.

"Kalau kita mengenang Pak Habibie tentunya ada lima kata yang selalu diingat. Pertama, inovasi; kedua, inspiratif; ketiga, teknologi; keempat, demokrasi; dan kelima, sumber daya manusia," kata Pramono di rumah duka BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Habibie, lanjut Pramono, memiliki banyak peninggalan besar bagi Indonesia. Misalnya, kebebasan pers yang dirasakan hingga saat ini.

"Dan tentunya ini harus kita rawat dan jaga. Kita harus berterima kasih kepada Pak Habibie karena beliau luar biasa telah meninggalkan bangsa ini sebuah sistem demokrasi dan beberapa temuan yang dilakukan Pak Habibie, selamat jalan, Pak Habibie," pungkasnya.

Seperti diberitakan, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, pukul 18.05 WIB.

Menurut putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

https://nasional.kompas.com/read/2019/09/12/10121131/pramono-anung-kalau-mengenang-pak-habibie-ada-5-kata-yang-selalu-diingat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke