Salin Artikel

Kemenpora Bingung Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 Miliar

Dana tersebut dialokasikan Kemenpora kepada Pemuda Muhammadiyah untuk kegiatan Kemah Pemuda Islam Indonesia.

Polisi saat ini sedang menyelidiki kegiatan tersebut dengan sangkaan adanya korupsi.

Sekretaris Kemenpora Gatot Dewa Broto mempertanyakan pengembalian dana tersebut. Pasalnya, hasil audit Badan Pengawas Keuangan (BPK) tidak menemukan dugaan penyelewengan.

"Kami (merasa) aneh, kenapa harus dikembalikan ke Kemenpora wong di BPK saja tidak ada temuan (indikasi penyalahgunaan anggaran)," ujar Gatot saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/11/2018).

Gatot menjelasakan, audit BPK tersebut dilakukan pada tahun 2018 terhadap anggaran pada tahun 2017.

Kegiatan tersebut memang diselenggarakan pada tahun 2017, tepatnya 16-17 Desember, di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah.

Acara yang diinisiasi oleh Kemenpora RI ini melibatkan GP Ansor serta Pemuda Muhammadiyah.

Gatot mengatakan, setelah acara usai, kedua pihak penerima anggaran sudah menyerahkan laporan pertangungjawaban (LPJ) kepada pihak Kemenpora.

Tidak ada temuan indikasi penyelewengan menjadi salah satu alasan Kemenpora mengembalikan lagi dana tersebut kepada Pemuda Muhammadiyah.

Alasan lain adalah Kemenpora tidak berhak menerima pengembalian tersebut. Jika Pemuda Muhammadiyah ingin mengembalikan uang tersebut, maka seharusnya langsung diberikan ke kas negara.

"Hari ini kami panggil perwakilan dari Pemuda Muhammadiyah. Cek yang sudah dikasihkan ke kami, kami kembalikan lagi ke sana," ujarnya.

Terkait kasus ini, polisi telah memeriksa mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar dan Ketua Panitia Kemah dari Muhammadiyah Ahmad Fanani.

Saat menjalani pemeriksaan, Dahnil mengatakan, pihaknya telah mengembalikan dana sebesar Rp 2 miliar kepada Kemenpora RI.

Dahnil menyebut, pengembalian tersebut atas nama Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah dan dana bersumber dari kas internal organisasi.

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/30/17570161/kemenpora-bingung-pemuda-muhammadiyah-kembalikan-rp-2-miliar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke