Salin Artikel

OTT Aceh, KPK Dalami Keterkaitan Uang yang Diamankan dengan Dana Otsus

"Tim sedang mendalami dugaan keterkaitan uang Rp 500 juta yang diamankan kemarin dengan Dana Otonomi Khusus Aceh Tahun 2018," ujar Febri melalui pesan singkat, Rabu (4/7/2018).

KPK mengamankan 10 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di sejumlah lokasi di Aceh yang berlangsung pada Selasa (3/7/2018).

Dua di antara 10 orang itu adalah kepala daerah, sementara 8 lainnya adalah pihak non-aparatur sipil negara (ASN).

Baca: OTT KPK di Aceh, 10 Orang Diamankan

Febri menuturkan, salah satu kepala daerah di Aceh telah dimintai keterangan dan klarifikasi di Markas Polda Aceh.

"Kemarin salah satu kepala daerah dibawa dari rumah dinas di Aceh dan dilanjutkan proses klarifikasi di Polda Aceh. Proses berjalan baik," kata Febri.

Lebih lanjut, Febri menuturkan tim KPK masih mempertimbangkan pihak-pihak yang akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Mapolda Aceh, salah satu kepala daerah yang diamankan adalah Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Selain itu, Irwandi Yusuf juga dikawal ketat aparat keamanan untuk dibawa dari Mapolda Aceh ke Bandara Sultan Iskandar Muda, untuk kemudian diterbangkan ke Jakarta.

Baca: Gubernur Aceh Diangkut Mobil Baracuda ke Bandara Sultan Iskandar Muda

Hingga berita ini diturunkan, KPK belum memberikan keterangan resmi secara lebih detail mengenai OTT dan status hukum orang-orang yang diamankan.

Rencananya, kata Febri, malam ini akan diadakan konferensi pers mengenai informasi penindakan yang dilakukan tim KPK di Aceh.

https://nasional.kompas.com/read/2018/07/04/10544081/ott-aceh-kpk-dalami-keterkaitan-uang-yang-diamankan-dengan-dana-otsus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke