Salin Artikel

Jika Masih Padat, Polisi Akan Berlakukan "One Way" Mulai Kertasari hingga Cikarut

Setelah memberlakukan one way di tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) arah menuju Jakarta, jalan tol Brebes, Jawa Tengah, hingga tol Jakarta-Cikampek akan menyusul.

“Rencana (one way) seperti kemarin dari Gate Kertasari, Tegal, sampai dengan Cikarut (Cikarang Utama), tapi bertahap,” ujar Wakil Posko Operasi Ketupat 2018 AKBP Muhammad Arsal Sahban saat dikonfirmasi, Rabu.

Sistem one way akan diberlakukan dari  jika terjadi kepadatan volume sesuai kondisi dan situasi di lapangan.

Dari pantauan CCTV NTMC Polri hingga pukul 17.50 WIB, gerbang tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat sistem satu arah masih berlangsung.

Arus lalu lintas pun tampak relatif lancar dari arah Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Palimanan, Cirebon dan daerah-daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur ke arah barat (Jakarta).

Sistem satu arah diberlakukan sesuai arahan Korlantas yang berkordinasi dengan Polda Jateng, Polda Jabar, dan Polda Metro Jaya.

Nantinya, jika diberlakukan one way hingga Tol Kertasari, Arsal mengimbau pengendara yang akan mengarah ke Jawa Tengah (timur) untuk lewat via jalan arteri Pantura atau jalan alternatif lainnya.

“Di Jawa jalur panturanya kan gede dari dulu orang lewat situ gara-gara ada tol saja berpikirnya nggak ada jalan lain padahal dulu (mudik dan arus balik) tahun lalu lewat mana?,” kata dia.

Untuk mengurai kemacetan, polisi juga akan melakukan rekayasa contraflow.

https://nasional.kompas.com/read/2018/06/20/18300941/jika-masih-padat-polisi-akan-berlakukan-one-way-mulai-kertasari-hingga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke