Salin Artikel

Syarat Rekonsiliasi Kubu Daryatmo, Syarifudin Sudding Jadi Sekjen

"Kami terima sudahlah Ketumnya Pak OSO (Oesman Sapta Odang), walaupun sudah mengalami penolakan yang besar. Tetapi Sudding dong Sekjennya," ujar Wakil Sekjen Partai Hanura kubu Daryatmo, Dadang Rusdiana di Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Menurut Dadang, kepengurusan partai berdasarkan hasil Munaslub 2016 cukup adil untuk kedua pihak. Namun kata dia, permintaan itu ditolak oleh kubu OSO.

Dadang mengatakan, kubu OSO ingin agar kepengurusan Hanura tetap berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menkumham. Ketua umum dijabat oleh OSO dan Sekjen dijabat oleh Herry Lontung.

Saat ini Syarifudin Sudding menjabat sebagai Sekjen Hanura kubu Daryatmo. Sebelumnya ia dipecat sebagai Sekjen Hanura hasil Munaslub 2016 karena dianggap melakukan banyak manuver yang membuat Hanura terbelah dua.

Lantaran usulan kubu Daryatmo ditolak, kedua kubu yang sedang berupaya untuk rekonsiliasi pasca sepakat berdamai masih belum menemui titik terang.

Meski begitu, kubu Daryatmo mengatakan bahwa pihaknya akan tetap memperjuangan kursi Sekjen dijabat oleh Syarifudin Sudding.

Bila terus menerus tak mencapai titik temu, kubu Daryatmo berharap agar Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto turun gunung untuk menyelesaikan persoalan kepengurusan partai.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto mempertemukan dua Ketua Umum Hanura yang berseberangan yakni Oesman Sapta Odang (OSO) dan Daryatmo di Hotel Ritz Charlton, Kuningan, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Wiranto mengatakan bahwa konflik di Partai Hanura sudah selesai pasca-pertemuan antara dirinya, OSO, dan Daryatmo.

"Sudah, sudah selesai. Tidak ada lagi, tidak ada lagi (kubu-kubuan di Hanura)," ujar Wiranto kepada wartawan.

Meski mengatakan bahwa konflik sudah selesai, Wiranto menuturkan bahwa Hanura membentuk satu tim bersama, yang diisi dari kedua belah pihak. Tim itu nantinya akan melalukan komunikasi untuk mengakomodasi kedua kubu.

https://nasional.kompas.com/read/2018/01/26/19582531/syarat-rekonsiliasi-kubu-daryatmo-syarifudin-sudding-jadi-sekjen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke