Salin Artikel

Perluas Ekspor, Jokowi Minta Kemendag Lakukan Intelijen Pasar

"Teruslah buka dan tembus pasar-pasar non-tradisional. Masuki kawasan Afrika, Eurasia, Timur Tengah, Asia Selatan termasuk Turki, Vietnam," ujar Jokowi dalam acara pembukaan Trade Expo Indonesia ke-32 di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Rabu (11/10/2017).

"Lakukan market intelligent. Lihat kebutuhan mereka, apa yang bisa kita penuhi dan kita munculkan industri barunya di Indonesia. Kita harus cepat supaya tidak didahului negara lain," kata dia.

Di sisi lain, Jokowi juga mengingatkan bahwa kualitas produk ekspor sendiri harus ditingkatkan. Pertama, kualitas barang yang diekspor harus ditingkatkan, tapi sebisa mungkin harganya tetap kompetitif.

"Pembeli itu memperhatikan aspek spesifikasi. Barang harus sesuai pesanan, on budget, harganya kompetitif," ujar Jokowi.

Kedua, untuk mencapai harga yang kompetitif, Jokowi meminta jalur logistik di Indonesia dibersihkan dari segala hambatan. Mulai dari dengan cara pembangunan jalan tol, penambahan kargo di kereta dan pesawat, memperbanyak rute kapal laut hingga memberantas pungli.

Saat berkunjung ke daerah, Jokowi mengaku, masih mendapatkan bisik-bisik soal jalan yang masih rusak.

"Banyak yang bisiki. 'Pak jalan di sini rusak.' Suara-suara itu masih saya dengar. Itu membuat bahan baku mahal dan membuat produknya tak kompetitif, apalagi dipersulit dengan administrasi dan biaya. Ini harus diperbaiki," ujar Jokowi.

Jokowi meminta dunia usaha yang bergerak di ekspor untuk memberikan masukan soal apa yang mesti dilakukan pemerintah demi memperlancar ekspor.

Dia yakin jika cakupan ekspor Indonesia diperluas dan produknya ditingkatkan kualitasnya, akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi nasional.

https://nasional.kompas.com/read/2017/10/11/18321161/perluas-ekspor-jokowi-minta-kemendag-lakukan-intelijen-pasar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke