Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Paparkan Hasil Kajian Pangkalan Laut Baru Armabar

Kompas.com - 27/05/2016, 19:27 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut akan membangun pangkalan laut baru di Teluk Ratai, Lampung. Pangkalan itu berada di teritorial Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Tim Pengkajian Institut Teknologi Bandung (ITB) telah mengkaji pembangunan pangkalan laut itu. Hasilnya pun telah dipaparkan di depan Panglima Armabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R, Jumat (27/5/2016).

Pemaparan itu dilakukan pimpinan tim, yakni Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB, Bambang Riyanto beserta sembilan orang anggotanya.

Paparan disampaikan dalam bentuk naskah feasibility study, maket brankat dan simulasi tiga dimensi.

Panglima Armabar Laksamana Muda TNI Achmad Taufiqoerrochman mengatakan, pangkalan laut baru tersebut akan menunjang kekuatan maritim di Indonesia.

"Bukan saja untuk menjaga kedaulatan dan kejayaan maritim, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab Koarmabar dalam menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim," ujar Taufiq melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Indonesia, sebut Taufiq, merupakan pusat perlintasan perdagangan dunia, khususnya di perairan Laut Natuna, Selat Malaka dan Samudera Hindia.

Dengan situasi tersebut, Indonesia jadi negara yang penting bagi dunia internasional.

"Ini sangat menguntungkan dan harus mampu dimanfaatkan secara optimal ditinjau dari geoekonomi bangsa demi mewujudkan pembangunan nasional," ujar Taufiq.

Ia pun yakin pembangunan pangkalan laut baru di Teluk Ratai, Lampung akan menjadi jawaban atas situasi maritim yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com