Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REPDEM Lakukan Konsolidasi Internal

Kompas.com - 14/05/2016, 09:05 WIB


BOGOR, Kompas.com - Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM) sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan siap untuk melakukan konsolidasi organisasi dan meningkatkan peran agar bisa memperkuat partai.

Hal itu menjadi salah satu fokus bahasan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Dewan Pengurus Nasional (DPN) REPDEM di di Wisma Griya Sabha, Bogor, Jawa Barat, 13 hingga 15 Mei 2016 yang mengusung tema Menegakkan Komitmen Perjuangan Organisasi Sayap Partai untuk Kemenangan Ideologi dan Politik Partai.

“Tantangan ke depan makin besar. Sebagai  organisasi sayap dari partai terbesar saat ini, REPDEM harus meningkatkan peran dan memberi manfaat bagi masyarakat. Bukan sekedar organisasi papan nama,” ujar Ketua Panitia Rapimnas yang juga Ketua DPN REPDEM Bidang Organisasi, Wanto Sugito saat pemaparan dan ramah tamah di hadapan peserta Rapimnas REPDEM di Wisma Griya Sabha, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/5) malam.

Wanto menuturkan, Rapimnas kali ini diikuti oleh 21 DPD REPDEM se-Indonesia. Selain membahas  berbagai upaya strategis memperkuat konsolidasi organisasi dan meningkatkan peran, Rapimnas kali ini juga sebagai persiapan dan menyepakati jadwal pertemuan puncak organisasi yang sebelumnya disebut Kongres namun sesuai arahan DPP PDIP Perjuangan akan dicarikan istilah lain misalnya musyawarah mufakat nasional atau apapun namanya yang akan menjadi momentum menuju penyegaran organisasi.

“REPDEM komit untuk fokus pada tiga hal yakni rekrutmen, kaderisasi dan advokasi sebagai wujud dari komitmen para aktivis Repdem yang lahir dari rahim kaum pergerakan yang kini seasas dan seaspirasi dengan PDI Perjuangan," jelas pria yang kini juga aktif dalam Komite Pemuda & Olahraga DPP PDI Perjuangan itu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPN REPDEM Masinton Pasaribu mengakui bahwa konsolidasi dan peningkatan peran organisasi menjadi agenda penting yang harus disiapkan kader REPDEM, terutama yang akan mengisi kepengurusan mendatang.

“Konsolidasi organisasi, kerja tim harus dilakukan untuk memperkuat derap organisasi. Kita harus menunjukkan perkembangan dan kebesaran untuk memperkuat partai,”ujar Masinton yang kini duduk di Komisi III DPR RI.

Menurutnya, terutama Kepengurusan REPDEM mendatang harus bisa mengelola dan merangkai potensi semua kader organisasi. “Kualitas SDM kader REPDEM sudah oke, tinggal dikelola dan dirangkai agar optimal,” tandas Masinton. (*/)
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com