Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setya Novanto: Saya Mundur dari DPR Jika Terpilih Jadi Ketum Golkar

Kompas.com - 22/02/2016, 19:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Setya Novanto berjanji akan mundur dari DPR RI, jika dirinya nanti terpilih Ketua Umum Partai Golkar pada Munas nanti.

"Saya pasti akan mundur dari DPR jika terpilih nanti," kata mantan Ketua DPR RI itu, usai menggelar pertemuan dengan kader Partai Golkar Jawa Timur di Surabaya, Senin (22/2/2016).

Bagi dia, menjadi pemimpin partai tidak boleh disibukkan dengan urusan DPR, pimpinan partai harus fokus pada urusan partai.

"Pimpinan partai adalah tugas penting dan tidak boleh diduakan dengan tugas lainnya," ucap Novanto.

(Baca: Ketika Setya Novanto Ingin Jadi Ketua Umum Golkar...)

Salah satu tugas penting yang harus dikerjakan siapapun nanti yang menjadi pimpinan Partai Golkar adalah konsolidasi internal, pasca terjadinya dualisme kepengurusan di tubuh partai berlambang pohon beringin itu.

Konsolidasi dilakukan agar bisa meraih kemenangan di pilkada, pileg, maupun pilpres di 2019 nanti.

"Meskipun kalah, saya akan tetap mendukung pemenang dan mengajak semua kader untuk bersama-sama mendukung ketua baru," tambahnya.

(Baca: DPD Golkar NTT Dukung Novanto Jadi Ketum dengan Satu Syarat)

Sebelum Novanto, Idrus Marham, salah satu calon ketua umum juga sempat menggelar pertemuan dengan kader Partai Golkar Jatim di Surabaya.

Idrus Marham dan Setya Novanto, adalah dua dari beberapa calon yang akan maju menjadi Ketua Umum Partai Golkar, nama lain yang juga muncul antara lain, Priyo Budi Santoso, Ade Komarudin dan Azis Syamsudin, dan Airlangga Hartarto. (K15-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com