Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Kerukunan Beragama DKI Jakarta di Bawah Indeks Rata-rata Nasional

Kompas.com - 10/02/2016, 12:24 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka kerukunan umat beragama di DKI Jakarta pada tahun 2015 berada di bawah rata-rata nasional kerukunan umat beragama.

Hal itu berdasarkan survei nasional yang dilakukan Kementerian Agama pada tahun 2015.

Angka rata-rata nasional kerukunan umat beragama 2015 berada pada poin 75,36 dalam rentang 0-100.

DKI Jakarta berada di bawah angka rata-rata tersebut, yaitu hanya di angka 74,1 persen sehingga masuk ke daftar daerah dengan angka kerukunan terendah.

"Kerukunan pasif diartikan sebagai kategori dimana unsur-unsur pembentuk kerukunan, yaitu toleranis, kesetaraan dan kerja sama, belum begitu berfungsi dengan baik dibandingkan dengan beberapa provinsi yang memiliki nilai tinggi," kata Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Abd Rahman Mas'ud di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (10/2/2016).

Sementara, beberapa daerah lainnya dengan angka kerukunan rendah adalah Sulawesi Barat (74,0 persen), Kalimantan Barat (72,8 persen), Banten (72,6 persen), dan Jawa Barat (72,6 persen).

Adapun daerah dengan angka kerukunan terendah adalah Sumatera Barat (69,2 persen), Lampung (65,9 persen dan Daerah Istimewa Aceh (62,8 persen).

Mengomentari hasil survei nasional tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, masih banyak yang harus dibenahi dalam kehidupan kerukunan beragama di Indonesia.

Hasil survei ini diharapkannya bisa menjadi kampanye kerukunan beragama. Dari sisi regulasi. kata Lukman, pemerintah tengah mempersiapkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Umat Beragama.

"Ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari upaya bagaimana misi Kementerian Agama ini adalah bagaimana agar kualitas kehidupan antar umat beragama semakin baik," papar Lukman.

Survei dilakukan secara kuantitatif dan pengambilan sampel dilakukan melalui multistage random sampling dengan jumlah responden 2.720 orang dan margin of error 17 persen.

Adapun responden mewakili keluarga yang tersebar di 34 ibu kota provinsi.

Tingkat kerukunan diukur melalui tiga indikator yaitu tingkat toleransi, kesetaraan, dan kerja sama antarumat beragama.

Berikut ini peta indeks kerukunan beragama per provinsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com