Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menag Belum Bisa Pastikan Ada ISIS di Indonesia

Kompas.com - 15/01/2016, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Agama belum mengetahui secara pasti mengenai keberadaan kelompok bersenjata ISIS di Indonesia, termasuk mengaitkannya dalam ledakan di kawasan Sarinah Jakarta

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, aparat sedang mendalami adanya klaim dari kelompok ISIS atas peristiwa itu. Berbagai upaya sedang dilakukan untuk membuktikan klaim ISIS tersebut.

"Sedang didalami, apakah itu, klaim itu betul, di Indonesia benar-benar ada ISIS. Kita juga belum tahu di Indoensia ada ISIS," kata Lukman, di Medan, Jumat (15/1/2015).

Namun Lukman memastikan, seluruh aparat hukum, bahkan jaringan intelijen terus bekerja untuk mengungkap peristiwa tersebut.

Karena masih dalam penyelidikan, pemerintah belum dapat menyimpulkan motif di balik kejadian yang menarik perhatian internasional itu.

"Kami belum bisa menyimpulkan motif dan siapa pelaku sesungguhnya, pemerintah dan intelijen terus melakukan upaya untuk mengungkap secara tegas," kata dia.

Meski belum mengetahui motifnya, tetapi Lukman menyesalkan jika peristiwa tersebut mengatasnamakan agama, terutama Islam yang selalu mengajarkan kedamaian.

"Islam sama sekali tidak menolerir cara-cara kekerasan dan memaksakan kehedak untuk menyebarkan ajaran agama," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com